Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain Motor Klasik Terinspirasi Mobil Ikonis

Kompas.com - 27/03/2014, 08:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Sejak pertama hadir Januari 2012, Yamaha Fino langsung "diceburkan" ke ranah gaya hidup. Artinya, varian ini akan menjadi simbol lifestyle para penggunanya. Praktis Fino FI tak hanya dijadikan sebagai alat transportasi, tetapi juga cerminan diri sang penunggang. Gaya klasik pun dipilih, seperti membangkitkan romantisme masa lalu yang dibawa dalam nuansa kekinian.

Hingga akhirnya menginjak 2014, Fino mengalami perubahan corak. Kombinasi desain klasik ala mobil ikonis Inggris MINI Cooper Coupe dan gaya modern Maserati Quattroporte dari Italia berpadu. Tujuannya, membuat pengendara tampil lebih fashionable, karena Inggris dan Italia terkenal dengan selera fashion yang tinggi.

Dua tipe meluncur sesuai tipe dan karakter mayoritas pengguna, Sport (Casual Sporty) dan Premium (Classic Sporty). Keduanya dibanderol sama, Rp 14,25 juta on the road Jakarta. Tipe Sport menyasar konsumen usia 20-30 tahun, dengan karakter berani tampil beda dan peduli penampilan. Sementara Premium ditujukan buat anak muda yang lebih suka tampil elegan, modern, dan berkelas.

Inspirasi Desain
Sesuatu yang dianggap klasik akan dicintai sepanjang masa, tak lekang oleh waktu meski berevolusi berulang kali. Inilah yang membuat desainer Fino mengandalkan inspirasi model klasik mobil ikonis. Fino FI Sport terinspirasi desain Mini Cooper Coupe, dimana warna dan grafis bernuansa ”Italian Style”.

Sementara Fino Premium dipengaruhi mobil mewah Italia, Maserati. Tarikan grafis lengkung menggambarkan kedinamisan sekaligus menegaskan kesan retro. Pemilihan warna juga lebih lembut dan ”membumi” dengan dominasi warna tanah.

Terdapat lima warna Fino FI. Tipe Sports terdiri dari Stylish Green, Exciting Red, Sporty Blue. Sementara tipe Premium hadir dengan pilihan Black Diamond dan Red Wine.

"Species" yang dirilis di Thailand pada 2006, sejak awal merupakan cerminan Mini Cooper Original. Setelah itu inspirasi mobil-mobil mewah ikonis itu berlanjut ke Indonesia, ketika Fino meluncur pada 2012 dan terilhami New Mini Cooper.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com