Impresi Perdana BMW X5 Rakitan Sunter

Kompas.com - 15/04/2019, 09:02 WIB
All New BMW X5 All New BMW X5

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW Group Indonesia resmi merilis generasi baru dari X5. Mobil bergenre sport utility vehicle yang dijuluki "The Boss" ini, hadir dengan beberapa pembaruan yang serba lebih dari model sebelumnya.

Generasi keempat dari X5 rakitan Sunter ini, memiliki dimensi yang lebih besar dibandingkan generasi ketiga. Panjangnya melar hingga 4.922 mm, lebar, 2.004 mm, tinggi 1.745 mm, dan wheelbase 42 mm lebih panjang dari pendahulunya yang kini menjadi 2.975 mm), otomatis hal ini membuat bodinya lebih bongsor dan tentunya kabin yang lebih lapang.

Desain

BMW X5 baru hadir membawa bahasa desain baru, tampilan depannya kini dihiasi oleh gril berlapis krom yang lebih besar, seakan mendominasi bagian depan. Gril ini pun sudah dilengkapi dengan teknologi khas BMW, yakni active air stream kidney grill guna meningkatkan kedinamisan dalam berkendara.

Baca juga: Saudara Toyota Supra dari BMW Mengaspal di IIMS 2019

All New BMW X5 All New BMW X5

Sedangkan untuk mengimbangi tampilan agresif dari sektor depan, lampu utama mengusung BMW Laserlight yang dibuat lebih tajam. Sorotan BMW Laserlight dengan Selective Beam untuk mengoptimalkan fungsi high beam, membuat jangkauan sinar tinggi yang tidak menyilaukan telah ditingkatkan hingga sekitar 500 meter.

Siluet bagian samping dikuatkan dengan garis karakter yang beranjak naik di bagian belakang. Ini diklaim menjadi kunci dari tampilan baru X5 untuk mendefinisikan gambaran lebih kokoh, semenatara bagian belakan tetap mengusung konsep boxy namun kini dibuat lebih manis dengan paduan lampu LED dengan desain 3D dan tailgate yang terbagi dua bagian dan bagian bawahnya hadir dengan fungsi buka-tutup otomatis.

Hadir dengan hanya satu varian, yakni xLine, BMW X5 juga sudah mengusung beberapa elemen terknini, seperti underguard, roof rails, dan jendela samping di dalam balutan Aluminium Satinated, ditambah aksen Pearl Chrome. Guna memperkuat karakter off-road, The Boss juga sudah menggunakan pelek light-alloy dengan dimensi 20 inci V-spoke style 738 Ferric Grey, Bicolour dengan mixed tyres.

Baca juga: BMW G 310 GS Adventure Bersolek Ringan

All New BMW X5 All New BMW X5

 

Interior dan Fitur

Masuk ke dalam kabin, seperti biasa nuansa mewah khas mobil-mobil Eropa sudah langsung menyambut dari layout dasbor sampai lapisan kulit yang membalut seluruh sektor jok. Struktur monitor instrumen dan konsol tengah membuat kendaraan tampil lebih luas, posisi pengemudi juga dibuat tinggi yang ditunjang dengan teknologi untuk mengoptimalkan kontrol atas kendaraan.

Material premium sudah tentu menjadi pilihan, fitur baru lainnya yang dirancang untuk memaksimalkan kenyamanan termasuk tempat duduk multifungsi, atap kaca panorama glass roof kini hadir 30 persen lebih besar, dan Ambient Light dengan 11 pilihan kombinasi warna lengkap dengan Dynamic interior light, dimana lampu akan berkedip ketika pintu terbuka pada saat posisi mesin menyala, layaknya lampu hazard.

Baca juga: Walau CKD, Pesan BMW X5 Terbaru Tetap Inden 3 Bulan

All New BMW X5 All New BMW X5

Soal kenyamanan dan kelapangan, tak perlu lagi dibahas. Dimensi yang bertambah besar sudah bisa merefleksikan bagaimana kenayamanan kabin dari mobil yang dibanderol sebesar Rp 1.489.000.000 off the road. Menariknya, BMW X5 kini dilengkapi dengan fitur Comfort Access terbaru, kendaraan akan secara otomatis membuka kunci pintu saat pengemudi mendekati kendaraan dan mengunci hanya dengan sentuhan tangan saat pengemudi menginggalkan kendaraan.

Sedangkan pada bagasi, kedua pintu dapat dibuka dan ditutup secara otomatis dan tanpa sentuhan apapun. Two-axle air suspension memungkinkan posisi bagasi turun untuk memberikan akses bongkar-muat yang lebih mudah.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X