DFSK Tetap Bertahan di Segmen SUV

Kompas.com - 28/03/2019, 15:22 WIB
DFSK Glory 560 KOMPAS.com / Aditya MaulanaDFSK Glory 560
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dongfeng Sokonindo ( DFSK) tetap percaya diri bermain di segmen sport utility vehicle (SUV) di Indonesia. Sebagai bukti keseriusannya, merek otomotif asal China itu kembali meluncurkan model di kelas itu dengan menghadirkan Glory 560.

Model tersebut diposisikan sebagai low sport utility vehicle (LSUV) atau DFSK menyebut SUV kompak. Otomatis, DFSK kini punya dua produk di kelas SUV medium dengan Glory 580 dan LSUV melalui model Glory 560.

Padahal, pasar paling besar di Tanah Air adalah low multi purpose vehicle (LMPV) yang secara data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tahun lalu saja tumbuh 2,10 persen menjadi 259.131 unit.

Lantas sebenarnya apa yang menjadi alasan DFSK berani bermain di segmen SUV di Tanah Air, padahal di negara asalnya juga memiliki model MPV. Kenapa tidak bermain di pasar itu?

Baca juga: Reaksi DFSK soal Wuling Ikut Main di Segmen SUV

Managing Director of Sales Center PT Sokonindo Automobile Franz Wang menjelaskan, di China sendiri hadir sebagai merek yang fokus menjual SUV, meskipun memiliki model MPV.

DFSK Glory 580 meluncur di Medan, Sumatera UtaraAzwar Ferdian/Kompas.com DFSK Glory 580 meluncur di Medan, Sumatera Utara

"Belum lagi pertumbuhan SUV di Indonesia kami nilai cukup bagus, sehingga kami yakin pasar ini ke depan akan terus berkembang," ujar Franz belum lama ini di kawasan Ancol, Jakarta Utara.

Franz menambahkan, pertumbuhan tercepat yang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia sekarang ini adalah SUV. Meskipun MPV masih yang dominan, dengan low cost green car (LCGC).

"Tetapi semakin banyak konsumen yang memilih SUV sebagai mobil pertama mereka, atau mengganti dari MPV menjadi SUV," ucap pria berkebangsaan China itu.

Faktor lain, menurut dia masyarakat sekarang ini juga banyak yang menuntut kenyamanan berkendara, hingga menginginkan teknologi modern pada mobil. Bahkan, tidak sedikit juga yang mencari mobil gagah seperti SUV ini.

"Jadi kami akan lebih fokus menjual produk-produk di segmen SUV di Indonesia," ucap Franz.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X