Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Akhir Tahun, Pembangunan di Tol Jakarta-Cikampek Stop Sementara

Kompas.com - 15/12/2018, 07:22 WIB
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) akan mengentikan sementara pekerjaan proyek di ruas tol Jakarta - Cikampek (Japek). Hal ini dilakukan guna mengantisipasi tingginya volume kendaraan pada periode tersebut.

Kepala BPTJ Bambang Prihartono, mengatakan, sudah berkoordinasi dengan dengan Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kemenhub dan jajaran Kakorlantas Polri.

"Pemerintah hadir di Japek untuk melakukan rekayasa-rekayasa lalu lintas terutama untuk aksesibilitas kelancaran Jakarta-Bandung jelang Nataru. Kegiatan proyek kita hentikan dari tanggal 18 Desember hingga 1 Januari 2019 mendatang," ucap Bambang dalam jumpa pers BPTJ di Jakarta, Jumat (14/12/2018).

Baca juga: Natal dan Tahun Baru, Kemenhub Terapkan Pembatasan dan Satu Arah

Bambang menjelaskan, upaya untuk mengantikan proyek nasional di Japek tidak bisa dilakukan dalam kurun waktu yang lama karena terkait masalah target penyelesaian yang dikerjakan oleh Pemerintah. Namun upaya untuk kelancaran sebelumnya sudah didukung dengan beberapa kebijakan lain.

Foto aerial pembangunan konstruksi Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (16/10/2018)ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj. Foto aerial pembangunan konstruksi Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (16/10/2018)

Mulai dari penerapan ganjil-genap di pintu tol yang sudah dijalankan, bahkan ditambah dengan pintu Tol Tambun, serta pembatasan angkutan barang. Tidak hanya itu, menurut Bambang pihaknya juga akan melakukan rekayasa lalu lintas saat terjadi kepadatan ketika libur Natal dan tahun baru seperti pemberlakuan contra flow.

"Kita tidak bisa menahan terlalu lama, karena bicara soal pembangunan nasional pemerintah juga punya target masing-masing yang juga terkait masalah transportasi. Contoh proyek Jakarta-Cikampek Elevated yang harus dioperasikan saat Lebaran 2019 nanti, belum lagi MRT," kata Bambang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.