Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/11/2018, 07:42 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Motorsport

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez gagal menyelesaikan pertarungan terakhir MotoGP 2018 di Valencia. Sang juara dunia ini terjatuh tanpa bisa melanjutkan balap, alhasil Marquez pun gagal mempersembahkan kemenangan bagi Honda.

Kejadian tersebut menjadi peyesalan tersendiri bagi Marquez. Pabalap asal Spanyol ini mengaku telah melakukan kesalahan besar pertama yang membuat dirinya tergelincir hingga keluar lintasan dan sempat mengalami cedera.

"Ini merupakan kesalahan terbesar saya musim ini. Kenapa? karena saya salah menentukan pilihan ban," ucap pebalap yang kerap dijuluki Baby Alien disitat dari Motorsport.com, Senin (19/11/2018).

Baca juga: Marquez, Dovi, Rossi Penguasa Klasemen Akhir MotoGP

Marquez mengaku menyesal tidak mendengarkan saran dari para tim dan mekaniknya untuk menggunakan ban berkompoen soft. Marquez bersikeras memilih ban medium, lantaran dia mendapat hasil maksimal saat latihan bebas ketiga, menggunakan pilihan yang sama.

Saat pertengahan balap berlangsung, ban tersebut mulai kehilanggan grip, apalagi ditambah dengan derasnya hujan dan basahnya lintasan yang berujung pada insiden tidak meyenangkan bagi Marquez.

"Saat di FP3 saya memakai medium dan hasilnya bagus. Ketika race dimulai dan hujan turun, tim sudah mengingatkan saya untuk beralih menggunakan ban soft. Tapi saya meminta pakai medium," ucap Marquez.

Menurut Marquez, dirinya benar-benar melakukan kesalahan, bahkan insiden tersebut dianggapnya menjadi pelajaran berharga.

"Terkadang saya mengambil keputusan pada saat terakhir, itu yang benar. Kejadian tersebut kesalahan besar pertama saya musim ini, untung sudah di akhir lomba," ucap Marquez.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Motorsport
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com