Pemilik Kendaraan Ternyata Puas Servis di Bengkel Resmi

Kompas.com - 30/08/2018, 07:22 WIB
Fasilitas bengkel di dealer Mitsubishi Arista Kalimalang. KompasOtomotif-Donny AprilianandaFasilitas bengkel di dealer Mitsubishi Arista Kalimalang.

 

SINGAPURA, KOMPAS.com – JD Power merilis hasil survey Indonesia Customer Service Index (Mass Market) 2018, dari merek-merek otomotif yang eksis di pasar dalam negeri. Hasilnya, kepuasan pelayanan di bengkel-bengkel resmi alami peningkatan

Ternyata ini lantaran pengalaman pelayanan yang lengkap dan menyeluruh dilakukan sebelum kendaraan pelanggan memasuki bengkel, yang terdiri dari delapan unsur.

Beberapa di antaranya soal riwayat servis kendaraan pelanggan, fokus pada kebutuhan pelanggan, melakukan pemeriksaan kendaraan secara menyeluruh, menjelaskan pekerjaan yang akan dilakukan, dan memberitahu pelanggan kapan kendaraan akan siap.

Kedelapan elemen menghasilkan kepuasan tinggi buat konsumen dibandingkan dengan mereka yang tidak (denga skor kepuasan 810 berbanding 791 dari skala 1.000 poin). Lalu 57 persen pelanggan yang merasakan itu, berniat kembali ke dealer tersebut buat servis berbayar berikutnya, dibanding 44 persen konsumen yang tidak.

Ketika semua elemen proses dieksekusi, 55 persen pelanggan menyetujui dilakukannya pekerjaan tambahan, pada kendaraan sebagaimana direkomendasikan oleh konsultan layanan.

Baca juga: Mitsubishi Paling Memuaskan Pelanggan Versi JD Power 2018

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mitsubishi Indonesia melesat dari posisi keenam menjadi posisi satu.ISTIMEWA Mitsubishi Indonesia melesat dari posisi keenam menjadi posisi satu.

“Penting untuk membangun keterlibatan dengan pelanggan di tahapan tertentu sebelum pekerjaan kendaraan dimulai,” kata Srabani Bandyopadhyay, Country Manager untuk Indonesia, JD Power dalam keterangan resminya, Rabu (29/8/2018).

“Ketika konsultan layanan menyelesaikan delapan proses pra-layanan, pelanggan kemungkinan tidak hanya akan merasa lebih nyaman dengan konsultan mereka, tapi juga lebih percaya pada rekomendasi yang diberikan,” ujar Srabani.

Fasilitas yang terdapat di dealer menjadi lebih berpusat pada pelanggan. Ketersediaan lingkungan yang lebih nyaman dan santai diperlukan, di mana pelanggan dapat menunggu dengan fasilitas seperti makanan ringan, Wi-Fi, dan akses ke komputer dengan layanan internet.

Dibandingkan dengan tahun 2017, di tahun 2018 terdapat lebih sedikit pelanggan yang memilih untuk menunggu di dealer, ketika kendaraan mereka sedang diperbaiki (masing-masing 68% vs. 78%). Namun mereka yang tetap berada di dealer, merasa lebih puas daripada yang tidak (masing-masing 805 berbanding 782).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.