Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/08/2018, 09:42 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Maraknya penjualan mobil dan sepeda motor bekas di Indonesia, sering kali diwarnai oleh aksi penipuan dokumen dari para oknum tak bertanggung jawab yang menawarkan kendaraan tersebut. Salah satu, kasus pemalsuan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKBP).

Tak bisa dipungkiri, sebagai besar masyarakat memang masih awam soal membedakan mana BPKB asli dan palsu. Akibatnya banyak warga yang dirugikan, bahkan beberapa waktu lalu sempat ada kasus sejumlah kantor pegadaian yang juga tertipu ratusan juta akibat BPKB palsu tersebut.

Agar terhindar dari BPKB palsu, Korlantas Polri memberikan tips mengenai kisi-kisi untuk mendeteksi keaslian dari BPKB. Menurut Kasubdit Ditregident Korlantas Polri Kombes Pol Priyanto yang dilansir dari ntmcpolri.info, ada lima cara mudah untuk mengetahui mana BPKB asli dan palsu.

Baca juga: BPKB Online Resmi Berlaku, Begini Cara Mengurusnya

Berikut 5 cara tersebut

1. Melihat bahan atau material pada cover BPKB. Untuk BPKB yang asli diklaim lebih mengkilap, sementara yang palsu lebih kusam dan agak buram.

2. Lihat hologram yang tertera pada halaman awal. Pada BPKB yang asli saat diterawang warnanya tidak akan berubah tetap abu-abu, sementara yang palsu akan menjadi kuning.

3. Lhat nomor seri yang terletak tepat di bawah hologram tersebut. Nomor seri ini berfungsi untuk membedakan domisili pemilik kendaraan, tapi untuk detailnya hanya ada di Korlantas dan tak bisa dipublikasikan.

Deretan mobil bekas yang dijual di diler Kara Mobil, Jalan Margonda, Depok, Selasa (13/2/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan mobil bekas yang dijual di diler Kara Mobil, Jalan Margonda, Depok, Selasa (13/2/2018).

4. Perhatikan bagian identitas pemilik kendaraan. Pada BPKB palsu yang diubah hanya data kendaraan saja, sementara pemilik kendaraan tidak.

Baca juga: Jangan Mudah Tergiur Harga Murah Saat Beli Mobil Bekas

"Di bagian identitas kendaraan banyak yang dihabpus kemudian di print ulang. Ini jelas kelihatan," ujar Priyanto.

5. Tips kelima ada pada halaman-14. Menurut, Priyanto, pada BPKB asli akan terlihat lambang Korlantas saat disinari dengan ultraviolet. Ketika diraba, tekstur kertas pun akan terasa kasar karena logo Korlantas tersebut dicetak timbul.

"Kalau asli di ultraviolet akan muncul angka dan huruf bermacam-macam, itu BPKB asli. Kalau BPKB yang palsu logonya rata," kata Priyanto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com