Euro IV Bukan Teknologi Baru buat BMW

Kompas.com - 31/07/2018, 08:42 WIB
Pekerja menyelesaikan perakitan mobil All-new BMW X3 di pabrik BMW Production Network 2, PT Gaya Motor, Jakarta Utara, Rabu (18/7/2018). The All-new BMW X3 xDrive20i rakitan dalam negeri ditawarkan dengan harga Rp 1,009,000,000,- off-the-road. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGPekerja menyelesaikan perakitan mobil All-new BMW X3 di pabrik BMW Production Network 2, PT Gaya Motor, Jakarta Utara, Rabu (18/7/2018). The All-new BMW X3 xDrive20i rakitan dalam negeri ditawarkan dengan harga Rp 1,009,000,000,- off-the-road.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan mengganti standari emisi Euro II menjadi Euro IV pada September 2018. Tahap awal berlaku buat mobil dengan bahan bakar bensin, kemudian pada 2021 dilanjutkan ke diesel.

Menanggapi hal itu, BMW Group Indonesia mengaku tidak ada masalah dengan penerapan aturan Euro IV. Mengingat, secara teknologi dan lain sebagainya sudah sangat siap.

"Euro IV itu bukan hal baru, jadi kita untuk semua model sudah sangat siap," ucap Jodie O’tania, Vice President of Corporate Communication BMW Group Indonesia pekan lalu di Thamrin, Jakarta Pusat.

Baca juga: BMW Indonesia Sambut Positif Skema IKD

Jodie menegaskan, yang perlu diperhatikan lagi, yakni mengenai ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) apakah sudah siap dan menyeluruh, sehingga ketika regulasi tersebut diresmikan dan mobil yang beredar berstandar Euro IV, kondisi di lapangan juga sudah mendukung.

Pabrik BMW di Thailand.Nikkei Pabrik BMW di Thailand.

"Karena harus sejalan juga, kalau tidak percuma mobilnya semua sudah Euro IV, tetapi ketersediaan BBM belum tersedia," kata Jodie.

Aturan emisi Euro IV itu sendiri sudah dikeluarkan melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No.P20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X