Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Janji BMW Terus Tambah Mobil Rakitan Indonesia

Kompas.com - 28/07/2018, 11:02 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Model BMW yang sudah diproduksi lokal secara completely knock down (CKD) di Indonesia sudah cukup banyak. Mulai Sedan Seri 3, Seri 5, Seri 7, hingga Sport Utility Vehicle (SUV) X1, X3, dan X5.

Selain model di atas, namun, masih banyak juga yang statusnya impor utuh alias completely built up (CBU) dari Jerman seperti Seri 1, Seri 2, Seri 4, Seri 6, X4, dan Seri performa M.

Menurut Vice President of Corporate Communications BMW Group Indonesia Jodie O’tania masih banyak peluang model lain bisa dirakit lokal pabrik Gaya Motor yang berada di Sunter, Jakarta Utara.

Baca juga: BMW i8 Roadster Meluncur Bulan Depan

"Kita pun akan terus berkomitmen untuk terus berinvestasi di Indonesia," ucap Jodie kepada Kompas.com beberapa waktu lalu di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.

Pekerja menyelesaikan perakitan mobil All-new BMW X3 di pabrik BMW Production Network 2, PT Gaya Motor, Jakarta Utara, Rabu (18/7/2018). The All-new BMW X3 xDrive20i rakitan dalam negeri ditawarkan dengan harga Rp 1,009,000,000,- off-the-road.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pekerja menyelesaikan perakitan mobil All-new BMW X3 di pabrik BMW Production Network 2, PT Gaya Motor, Jakarta Utara, Rabu (18/7/2018). The All-new BMW X3 xDrive20i rakitan dalam negeri ditawarkan dengan harga Rp 1,009,000,000,- off-the-road.
Sekarang ini, lanjut Jodie belum ada model lagi yang akan dirakit di Indonesia. Tetapi, tidak menutup kemungkinan melainkan ke depan industri otomotif terutama di Indonesia terus berkembang pesat.

Baca juga: BMW Indonesia Sambut Positif Skema IKD

"Sesuai dengan komitmen perusahaan bahwa akan ada model-model lain yang akan dirakit di Indonesia. Pasar Indonesia juga terus menunjukan pertumbuhan positif," ucap dia.

BMW Indonesia sendiri sudah memulai produksi lokal sejak 1976. Bahkan diklaim sudah sekitar 80 persen mobil BMW yang dijual dalam negeri merupakan rakitan di Tanah Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com