Begini Rasanya Transmisi Semi Otomatis i-AMT Wuling Cortez

Kompas.com - 29/07/2018, 08:32 WIB

Jakarta, Kompas.com - Banyak ragam jenis transmisi yang ditawarkan produsen untuk konsumen di Tanah Air. Mulai dari yang konvensional hingga yang canggih sekalipun sudah tersedia.

Untuk segmen MPV sejuta umat, sesuai dengan harga, rata-rata transmisi yang digunakan model konvensional atau tipe sederhana. Ada juga yang sudah mengaplikasikan tipe CVT.

Berbeda dengan Wuling Cortez yang lebih yakin memakai jenis semi otomatis atau dikenal dengan i-AMT.

Baca juga: Alasan Wuling Pilih Transmisi i-AMT pada Cortez

Memang Cortez bukan yang pertama menggunakan i-AMT di Indonesia. Ada beberapa model dari merek berbeda yang sudah menggunakan tipe tersebut.

Unik

Pengoperasian transmisi ini tergolong unik, karena memiliki karakter yang berbeda dengan model konvensional, CVT dan sekuensial.

Paling terasa bedanya adalah ketika proses perpindahan gigi, terutama saat ke posisi gigi lebih tinggi. Ada jeda yang bagi beberapa kalangan dirasa "mengayun".

Mengayun di sini diartikan ada jeda saat masuk ke gigi yang lebih tinggi dan rpm sempat turun untuk penyesuaian.

Respon akselerasi memang kurang begitu terasa. Kondisi tersebut selain memang karakter i-AMT, pada Cortez juga dipengaruhi oleh mode berkendara ekonomis (eco mode).

Eco dan sport

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.