Kiprah Lulusan Vokasi SMK Binaan Honda

Kompas.com - 19/07/2018, 15:02 WIB
Bengkel resmi Honda di Jawa Barat buka setiap hari. DAMBengkel resmi Honda di Jawa Barat buka setiap hari.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Honda Motor (AHM) sejak delapan tahun lalu sudah mengembangkan program Kurikulum Teknik Sepeda Motor (TSM) Astra Honda. Sejauh ini sudah diimplementasikan pada 677 SMK mitra binaan di 31 provinsi.

Bahkan, alumni dari program tersebut pun tercatat sudah bekerja sesuai dengan keterampilan yang dipelajari. Bahkan memiliki daya saing tinggi dalam hal mengisi lapangan pekerjaan di industri otomotif.

Deputy Head of Corporate Communication PT AHM Ahmad Muhibbuddin menjelaskan bahwa sejalan dengan upaya pemerintah melakukan revitalisasi SMK, AHM pun turut menguatkan upayanya dalam meningkatkan kualitas implementasi kurikulum TSM Astra Honda di setiap SMK binaan.

AHM saat ini, lanjut Muhib bahkan tengah menyempurnakan Kurikulum TSM Astra Honda dengan muatan bisnis dan wirausaha yang nantinya akan melahirkan kurikulum baru berlabel Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda.

Baca juga: AHM dan Kemenperin Perluas Pendidikan Vokasi

"Mereka bisa berwirausaha sendiri atau bekerja di perusahaan atau melanjutkan kuliah dengan sistem yang terus kami kembangkan secara komprehensif dan terintegrasi,” ujar Muhib dalam siaran resmi, Kamis (19/7/2018).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tahun lalu, tercatat 42 persen pasokan tenaga mekanik baru di bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) berhasil diisi oleh lulusan SMK TSM Astra Honda. Semester pertama tahun ini pun bertambah 157 orang seiring kebutuhan yang lebih luas di jaringan main dealer Honda.

Baca juga: AHM Gandeng 60 SMK Vokasi di Sumatera

Di lain sisi, AHM juga membuka kesempatan selebar-lebarnya bagi lulusan TSM Astra Honda untuk bekerja sebagai operator pabrik di Sunter, Cikarang, atau Karawang. Sekitar 96 persen kebutuhan operator baru dipasok oleh lulusan SMK mitra binaan AHM.

Tak hanya memiliki daya saing tinggi di industri otomotif, sebanyak 102 lulusan TSM Astra Honda juga mampu membuka lapangan pekerjaan bagi orang-orang sekitarnya melalui usaha bengkel Mandiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.