Kencan Singkat dengan Mitsubishi Outlander PHEV di Marseille

Kompas.com - 16/07/2018, 18:12 WIB
Uji Mitsubishi Outlander PHEV di Marseille, Perancis Azwar Ferdian/Kompas.comUji Mitsubishi Outlander PHEV di Marseille, Perancis

MARSEILLE, KOMPAS.COM - Indonesia sedang menyongsong teknologi terbaru di industri otomotif, yakni era kendaraan bertenaga listrik. Hampir semua pabrikan otomotif dunia sudah memiliki kendaraan listrik, meski dengan teknologi yang berbeda.

Salah satunya adalah Mitsubishi dengan teknologi yang disebut PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle). Prinsip dasarnya sama yakni menggunakan baterai dan motor listrik sebagai sumber tenaga, tapi dibantu dengan mesin bensin konvensional.

Pembahasan soal apa itu teknologi PHEV yang dimiliki Mitsubishi sudah dikupas sebelumnya. Untuk mengingat kembali, Outlander PHEV dibekali baterai untuk menyuplai dua motor listrik yang terhubung ke roda depan dan belakang, serta mesin bensin berkapasitas 2,4 liter untuk menyokong kinerja baterai bila dibutuhkan.

"Hal yang perlu diperhatikan, mesin bensin itu sama sekali tidak terhubung dengan roda. Jadi tugas mesin bensin itu untuk menjaga suplai listrik ke baterai. Roda depan dan belakang terhubung dengan dua motor listrik berbeda," jelas Ryuichi Kimura, Senior Manager Product Planning and Market Research Mitsubishi Motors Europe.

Baca juga: Rahasia Mitsubishi Pilih Outlander yang Pakai Teknologi PHEV

Motor listrik ke penggerak roda depan mampu menghasilkan daya 60 kw dengan daya jelajah 45 kilometer. Bila membutuhkan tenaga tambahan, ada motor listrik yang terhubung dengan roda belakang yang mampu menghasilkan daya 70 kw.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tidak ada sistem transmisi di Outander PHEV ini. Sistem transmisi untuk menambah tenaga, digantikan dengan suplai tenaga dari baterai yang diberikan motor listrik," jelas Kimura lagi.

Uji Mitsubishi Outlander PHEV di Marseille, PerancisAzwar Ferdian/Kompas.com Uji Mitsubishi Outlander PHEV di Marseille, Perancis

Tes
Kompas.com menjadi yang beruntung bisa merasakan performa mobil yang diperkenalkan pada ajang Geneva Motor Show 2018, awal tahun ini. Perlu diketahui, Perancis adalah salah satu negara yang menggunakan konfigurasi sistem kemudi sebelah kiri.

Baca juga: Tips Mengemudi Mobil Setir Kiri di Luar Negeri

Itu menjadi salah satu tantangan utama selain merasakan langsung teknologi PHEV, dengan mengemudi di jalan raya Marseille. Kondisi jalan memang relatif sepi, tapi tidak mengurangi kewaspadaan saat mengemudi, apalagi banyak warga yang naik sepeda di jalan raya.

Masuk ke ruang kemudi, kedan modern dan mewah langsung menyapa. Batang kemudi, door trim dan dasbor serta jok sudah berlapis kulit. Jok bisa diatur secara elektrik sesuai kebutuhan pengendara.

Tombol start-stop untuk menghidupkan dan mematikan mesin, injak pedal rem dan tekan tombol, mesin langsung menyala. Tapi tunggu dulu. Ini adalah mobil listrik yang suara mesinnya hampir sama sekali tidak terdengar.

Uji Mitsubishi Outlander PHEV di Marseille, PerancisAzwar Ferdian/Kompas.com Uji Mitsubishi Outlander PHEV di Marseille, Perancis

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.