Suzuki Mau Berkemas Tinggalkan China?

Kompas.com - 24/06/2018, 11:02 WIB
Logo Suzuki reutersLogo Suzuki

JAKARTA, KOMPAS.comSuzuki dikabarkan sedang dalam tahap keluar dari China, seperti dilaporkan nhk.or.jp pekan lalu. Produsen yang sudah lebih dari dua dekade berada di China ini sedang proses menceraikan kedua rekanan lokalnya.

Operasi Suzuki di China berjalan bersama dua perusahaan kolaborasi lokal, yakni Changhe Suzuki Automobile Co. dan Changan Suzuki Automobile Co. Pada awal Juni lalu, Suzuki mengumumkan telah berpisah dengan Changhe Suzuki Automobile Co.

Para eksekutif Suzuki kini sedang berdiskusi untuk menyelesaikan kerja sama dengan Changan Suzuki Automobile Co.

Belum ada keterangan resmi dari Suzuki soal angkat kaki dari China. Meski begitu dipahami Suzuki yang dikenal sebagai produsen mobil ringkas berharga murah kurang bisa bersaing, sebab konsumen di China saat ini lebih memilih model besar dan mewah.

Baca juga: China Sudah Punya Tiruan Suzuki Jimny

Selain itu juga, regulasi di China yang mendorong produsen memproduksi lebih banyak model berteknologi hibrida dan listrik dikatakan menghambat Suzuki berkembang.

Keluar dari China, pasar mobil terbesar di dunia, disebut agar bisa fokus pada India yang kini berperan sebagai pasar terbesar Suzuki di luar Jepang. Suzuki menjual 1,6 juta unit pada 2017 di India dan berencana meningkatkannya menjadi 2 juta unit pada 2020.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.