Ketika Datsun Cross Libas Medan "Off-Road" di Tol Trans Jawa

Kompas.com - 10/06/2018, 10:07 WIB
Datsun Cross yang digunakan tim Merapah Trans Jawa Kompas.com sedang melintas di area proyek pembangunan tol Gempol-Pasuruan, Jawa Timur.GARRY ANDREW LOTULUNG Datsun Cross yang digunakan tim Merapah Trans Jawa Kompas.com sedang melintas di area proyek pembangunan tol Gempol-Pasuruan, Jawa Timur.

PASURUAN, KOMPAS.com - Jaringan Tol Trans Jawa yang sampai sejauh ini sudah atau sedang dibangun tidak seluruhnya dalam kondisi mulus.

Masih ada beberapa ruas yang dalam tahap pembangunan. Jadi permukaannya belum dilapisi beton, tapi masih berupa jalan tanah uruk.

Tak hanya masih berupa tanah, kondisi beberapa bagian dari kedua ruas bakal tol tersebut bahkan ada yang belum diratakan. Sehingga permukaannya belum terbentuk dengan gundukan layaknya rintangan di medan off-road.

Baca juga: Taklukkan Tanjakan Curam Gunung Bromo dengan Datsun Cross

Kendaraan melintas pada pembangunan Tol Gempol Pasuruan seksi 3 di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Rabu (6/6/2018). Kontruksi Tol Gempol-Pasuruan seksi 3 dari Pasuruan menuju Grati sepanjang 13,65 kilometer ditargetkan rampung pada Oktober 2018.MAULANA MAHARDHIKA Kendaraan melintas pada pembangunan Tol Gempol Pasuruan seksi 3 di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Rabu (6/6/2018). Kontruksi Tol Gempol-Pasuruan seksi 3 dari Pasuruan menuju Grati sepanjang 13,65 kilometer ditargetkan rampung pada Oktober 2018.

Pada perjalanan tahun ini, tim Merapah Trans Jawa 3 Kompas.com sempat menguji kemampuan Datsun Cross melintas di ruas jalan tol yang belum jadi tersebut.

Karena mengusung model Crossover, tak sah memang jika belum menguji kemampuan produk termahal Datsun di Indonesia ini melibas medan "off-road".

Tercatat ada beberapa ruas jalan off-road Trans Jawa yang dilalui kru Kompas.com selama perjalanan dari Jakarta hingga Probolinggo, diantaranya Batang-Semarang di Jawa Tengah dan Gempol-Pasuruan, Jawa Timur.

Baca juga: Membelah Tol Trans Jawa Bersama Datsun Cross

Kondisi jalan di tol Batang-Semarang, Jawa Tengah, Minggu (3/6/2018). Pembangunan tol tersebut sudah mencapai 95 persen dan diperkirkan dapat digunakan secara fungsional pada mudik dan balik Lebaran 2018.MAULANA MAHARDIKA Kondisi jalan di tol Batang-Semarang, Jawa Tengah, Minggu (3/6/2018). Pembangunan tol tersebut sudah mencapai 95 persen dan diperkirkan dapat digunakan secara fungsional pada mudik dan balik Lebaran 2018.

Di ruas jalan Batang-Semarang, mobil yang kami kendarai sempat terpaksa harus turun dari jalan dengan ketinggian pinggir lintasan mencapai sekitar 20 centimeter.

Pasalnya, saat itu terusan jalan yang kami lalui masih ditutup karena adanya proses pengecoran jalan. Jadi kami terpaksa harus keluar jalur mencari jalan lain.

Saat menuruni pinggir lintasan inilah, sama sekali tak terjadi benturan antara lantai mobil dan permukaan jalan. 

Situasi yang sama juga terjadi saat kami kembali menemukan jalan dengan kondisi serupa.

Baca juga: Hati-hati, Permukaan Jalan Tol Fungsional Tidak Rata!

Kendaraan melintas di Tol Pemalang-Batang, Jawa Tengah, Sabtu (2/6/2018). Tol tersebut akan difungsionalkan pada arus mudik lebaran 2018.MAULANA MAHARDIKA Kendaraan melintas di Tol Pemalang-Batang, Jawa Tengah, Sabtu (2/6/2018). Tol tersebut akan difungsionalkan pada arus mudik lebaran 2018.

Secara keseluruhan Cross cukup bisa diandalkan menjelajahi medan off-road ringan di ruas Tol Trans Jawa ini.

Mobil ini sendiri memiliki ground cleareance 200 mm, ditunjang roda dengan pelek 15 inci. Suspensi yang digunakan adalah pivot ganda lower arm di bagian depan dan twist beam di belakang.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X