Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dovizioso Pecahkan Rekor Kecepatan MotoGP

Kompas.com - 02/06/2018, 16:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

MUGELLO, KOMPAS.com – Kecepatan sepeda motor di ajang balap MotoGP semakin meningkat. Kali ini rekor berhasil dipecahkan oleh pebalap Ducati Andrea Dovizioso pada latihan bebas kedua di GP Italia, Jumat (1/6/2018).

Pebalap asal Italia tersebut berhasil mencatatkan kecepatan sampai 356,5 kpj. Ini menjadi tonggak sejarah baru dalam balap sepeda motor, bersamaan dengan evolusi berkelanjutan dari pengembangan motor memungkinkan kecepatan terus menjadi lebih tinggi.

"Itu selalu membuat Anda bermimpi, dan sangat istimewa untuk mencapai catatan waktu yang begitu begitu besar. Namun, itu bukan aspek penting untuk menjadi seorang pengendara, tapi perasaan yang sama ketika memacu motor 346 kpj atau 357 kpj,” ujar Dovizioso dari MotorGP.com, Sabtu (2/6/2018).

Kemudian, tercepat kedua dalam sejarah dicetak Andrea Iannone (354,9 kpj) pada 2016, saat dirinya masih menunggangi Desmosedici.

Baca juga: Penyesalan Dovizioso Harus Jatuh karena Kesalahan Sendiri

Selanjutnya, pembalap uji coba Ducati, Michele Pirro juga pernah mencapai 354,7 kpj, menempatkannya di rekor tercepat ketiga. Semua kecepatan ini dicapai di Autodromo del Mugello.

Top speed yang terjadi di luar trek Italia adalah yang keempat dalam buku rekor, diperoleh Danilo Petrucci (351,9 kpj) di Losail International Circuit. Lalu, Andrea Iannone juga mencatat waktu tercepat kelima 351,2 kpj juga di GP Qatar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com