Pasar Motor Bisa Bangkit, Ini Penjelasan AISI

Kompas.com - 22/05/2018, 19:25 WIB
Distribusi domestik sepeda motor Januari-April 2018. AISIDistribusi domestik sepeda motor Januari-April 2018.

JAKARTA, KOMPAS.com – Situasi dalam negeri yang kondusif dinilai Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia ( AISI) mendukung pertumbuhan pasar roda dua pada awal tahun ini.

Selama Januari-April 2018 dibanding periode sama tahun lalu, pasar motor tumbuh 13,9 persen atau dari 1.789.583 unit menjadi 2.038.415 unit.

Sigit Kumala, Ketua Bidang Komersial AISI menjelaskan, pada Januari-April 2017 ada empat “hambatan” yang mempengaruhi pembelian konsumen.

“Ada kenaikan tarif listrik, itu mengganggu UKM (Usaha Kecil Menengah). Kedua, kado di awal tahun, yaitu kenaikan STNK dan BPKB. Ada juga kenaikan BBM (Bahan Bakar MinyaK) non-subsidi empat persen. Keempat, adanya aturan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yang mengatur mengenai biaya marketing,” kata Sigit, Senin (21/5/2018).

Baca juga: Honda Absolut Kuasai Pasar Roda Dua Januari-April 2018

Empat faktor yang terjadi pada awal 2017 itu bikin shock pasar selama enam bulan bulan, yang artinya bisa selama itu konsumen menunda pembelian, jelas Sigit.

“Tahun ini kan empat hambatan itu tidak ada sehingga suasananya kondusif,” sebutnya lagi.

Selain kondusif, pada Januari-April tahun ini Sigit juga menjelaskan ada faktor pendukung lain. Menurut pendapatnya berdasarkan likuiditas, jumlah uang yang beredar di dalam negeri sekarang sedang banyak hingga mendasari konsumen membelanjakan uang.

Pasar sepeda motor juga diprediksi akan meningkat pada Mei-Juni ini terkait momen Lebaran. Hitung-hitungan Sigit, pasar akan meningkt 15-20 persen.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X