Kompas.com - 04/05/2018, 10:41 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|

Jakarta, KOMPAS.com - BMW Motorrad merupakan salah satu produsen sepeda motor asal Eropa. Dari 18 produk roda dua yang dijual BMW di Indonesia, 16 di antaranya dibanderol di atas Rp 500 juta.

Baca juga : Motor BMW Paling Laris Selama IIMS, Harganya Rp 130 Juta

Tercatat hanya ada dua yang harganya masih di angka seratusan juta, yakni G 310 R dengan Rp 114 juta, dan G 310 GS dengan Rp 130 juta. Ada selisih harga yang lumayan jauh dari dua motor tersebut dengan 15 produk lainnya.

Branch Manager Maxindo Moto selaku distributor BMW Motorrad di Indonesia, Muhammad Iqbal mengatakan, G 310 R dan G 310 GS adalah dua produk BMW Motorrad yang tidak lagi diproduksi di Jerman, melainkan di India.

BMW Motorrad Indonesia meluncurkan model terbaru, G 310 GS, di Tangerang, Sabtu (20/1/2018).Febri Ardani/KompasOtomotif BMW Motorrad Indonesia meluncurkan model terbaru, G 310 GS, di Tangerang, Sabtu (20/1/2018).

"Karena India jaraknya sudah relatif dekat dari Indonesia, harganya bisa lebih murah," kata Iqbal saat ditemui Kompas.com saat penyelenggaraan IIMS 2018, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (27/4/2018).

Menurut Iqbal, selain BMW, mulai banyak produsen otomotif asal Eropa yang memilih India sebagai basis produksi. Tujuannya menghemat produksi demi memangkas harga jual di Asia, tak terkecuali di Indonesia.

Baca juga : Harga Fantastis Motor BMW yang Dijual di Indonesia

"Kalau masih didatangkan dari Jerman harganya mahal. Karena biaya pengiriman. Belum lagi pajak dan lain-lain," ujar Iqbal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.