Berapa Kandungan Lokal PCX Hybrid?

Kompas.com - 22/04/2018, 10:22 WIB
Honda PCX Hybrid. ASTRA-HONDA.comHonda PCX Hybrid.

JAKARTA, KOMPAS.com – Sama seperti versi standar yang sudah lebih dulu hadir, PCX Hybrid juga diproduksi di dalam negeri. Lokasi perakitannya juga sama, di pabrik Astra Honda Motor (AHM) yang berada di Sunter, Jakarta Utara.

Lokal sudah pasti, namun AHM masih menutup pintu soal detail produksi. Saat penjelasan produk setelah peluncuran di Indonesia International Motor Show (IIMS), Kamis (19/4/2018), AHM tidak mau membeberkan soal kapasitas produksi, cuma disebut produksi bakal dilakukan pada semester kedua.

Meski begitu Presiden Direktur AHM Toshiyuki Inuma mau menjelaskan soal kandungan lokal. Tingkat lokalisasis sepeda motor pertama di dunia itu sebesar 95 persen, atau turun 3 persen dari PCX standar.

“PCX yang biasa itu 98 persen. Bedanya ada pada beberapa suku cadang karena diimpor dari Jepang, seperti baterai,” kata Inuma.

Komponen tambahan pada Honda PCX Hybrid.FEBRI ARDANI/KOMPAS.com Komponen tambahan pada Honda PCX Hybrid.
Baca juga : PCX Hybrid Bukan buat Irit, tapi buat Ngebut

PCX Hybrid punya berbagai komponen “asing” karena memakai sistem hibrida, yaitu Power Drive Unit (PDU), ACG starter yang sudah ditambahkan motor assist, down regulator, junction unit, aki (12V 3 Ah), dan baterai lithium-ion.

Komponen-komponen itu yang bikin biaya produksi lebih tinggi daripada PCX standar. AHM belum menetapkan resmi harga PCX Hybrid, namun disebut prediksinya Rp 40 jutaan. Saat ini PCX standar dijual Rp 27,7 juta dan Rp 30,7 juta untuk versi ABS.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X