Pameran GIICOMVEC Gairahkan Pasar Kendaraan Komersial - Kompas.com

Pameran GIICOMVEC Gairahkan Pasar Kendaraan Komersial

Kompas.com - 01/03/2018, 12:29 WIB
Pameran Kendaraan Komersial GIICOMVEC Resmi Dibuka 2018KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Pameran Kendaraan Komersial GIICOMVEC Resmi Dibuka 2018

Jakarta, KOMPAS.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia ( Gaikindo) resmi buka pameran kendaraan komersial, Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018, yang akan berlangsung selama empat hari mulai tangga 1-4 Maret 2018, di Jakarta Convention Center (JCC).

Merek-merek kendaraan komersial ambil bagian dalam GIICOMVEC 2018, di antaraya Daihatsu, DFSK, Hino, Isuzu, Mercedes-Benz, Mitsubishi Fuso, Mitsubishi Motors, Suzuki, UD Truck, United Tractors, dan Volvo. Kemudian ada brand besar lainnya juga seperti Iveco dan Maxvel Electric Bus, yang telah memberikan komitmennya untuk menghadirkan produk unggulannya pada pameran ini.

Selain kendaraan komersial, GICOMVEC 2018 juga akan diikuti oleh industri pendukung, mulai dari industri karoseri Tanah Air seperti Laksana, Shinmei, Sugity Creatives, dan industri pendukung lainnya seperti Alcoa wheel, BG Product, Dunlop, Esmak Makine (Turkey), Goodyear, Himawan Putra, Pro7 Auto Lighting dan lainnya.

Berkembangnya aktivitas pembangunan infrastruktur di Indonesia membutuhkan mobilitas yang tinggi, sehingga menjadikan Indonesia sebagai negara yang sangat potensial bagi industri kendaraan komersial. Tidak kurang dari puluhan merek kendaraan komersial membangun pangsa pasar di Indonesia.

Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo mengatakan, industri kendaraan komersial telah mengalami pertumbuhan cukup signifikan dalam beberapa waktu terakhir. Meskipun belum mencapai titik tertinggi seperti oada 2013-2014 lalu.

Baca juga : Tahun Politik, Fuso Optimistis Bisnis Mobil Komersial Tak Terganggu

Salah satu booth di dalam pameran GIICOMVEC 2018KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Salah satu booth di dalam pameran GIICOMVEC 2018

"Kinerja penjualan kendaraan komersial sampai tahun 2017 mencapai 235.310 unit. Segmen truk ada kenaikan 45 persen, pikap positif 6 persen dan kabin ganda sebesar 46 persen, dibanding pencapaian pada tahun sebelumnya. Sementara ekspor pada 2017 mencapai 27.358 unit atau naik 9 persen," ujar Nangoi, Kamis (1/3/2018).

Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian menambahkan, pameran ini menunjukkan kemampuan nasional di bidang kendaraan komersial nasional cukup kuat.

"Ini merupakan yang pertama kalinya Gaikindo fokus pada kendaraan komersial yang dipersembahkan kepada publik," kata Airlangga.

"Pemerintah terus mendorong basis industri komersial untuk angkutan niaga, serta meningkatkan nilai tambah dengan penguatan struktur industri. Semakin besar pertumbuhan ekonomi nasional dan semakin pulihnya perekonomian global, serta normalnya harga komoditas akan meningkatkan produksi kendaraan komersial di indonesia," ujar Airlangga.


Komentar
Close Ads X