Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/02/2018, 17:42 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAzwar Ferdian

Depok, KOMPAS.com - Meski tidak dianggap salah, mengangkat wiper saat mobil diparkir dinilai tidak berpengaruh terhadap kondisi perangkat yang satu ini. Sebab diangkat atau tidak saat parkir, wiper dianjurkan tetap diganti setiap enam bulan sekali.

Baca juga : Perlukah Mengangkat Wiper Saat Mobil di Parkir?

Namun ada kondisi tertentu di mana wiper berpotensi cepat aus jika dibiarkan menempel di kaca. Saat inilah, wiper sebaiknya diangkat. Tapi kondisi ini pada umumnya jarang dilakukan pemilik mobil.

Service Manager Bengkel Auto2000 GDC Depok Deni Andrian mengatakan, kondisi di mana wiper sebaiknya diangkat adalah saat mobil diparkir berhari-hari di tempat terbuka. Deni mencontohkan pengguna mobil yang meninggalkan kendaraannya berhari-hari di area parkir bandara.

"Kalau mobil parkir nginap selama berapa hari di bandara, sebaiknya wiper diangkat. Supaya tidak melengkung," kata Deni saat ditemui Kompas.com, Selasa (6/2/2018).

Deretan mobil baru yang diparkir di area terbuka dengan kondisi wiper diangkat.Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan mobil baru yang diparkir di area terbuka dengan kondisi wiper diangkat.

Menurut Deni, efek panas sinar matahari yang terpapar ke kaca mobil bisa menyebabkan wiper melengkung. Dampak negatifnya adalah hasil basuhan wiper yang kurang bersih.

Namun Deni menekankan bahwa kondisi itu hanya terjadi jika mobil parkir berhari-hari di area terbuka, bukan di parkir tertutup ataupun parkir di area terbuka yang hanya berlangsung sehari. Contohnya pemilik mobil pengguna KRL yang meninggalkan kendaraannya di area parkir stasiun.

"Kalau hanya seharian, dari pagi sampai sore tidak diangkat wipernya tidak masalah," ujar Deni.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.