Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Musim Hujan, Jangan Lupa Cek Kondisi Wiper

Kompas.com - 04/10/2017, 07:22 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Cuaca di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya sudah mulai diguyur hujan. Jika sudah seperti itu, pengguna mobil wajib mengecek beberapa komponen penting, salah satunya wiper.

Perangkat ini cukup krusial ketika musim hujan, sebab menjadi tumpuan utama untuk menjaga visibilitas pengemudi, dengan membersihkan kaca depan mobil saat berkendara. Jangan sampai fungsi wiper menjadi tidak maksimal, karena bisa mengganggu penglihatan pengemudi.

Iwan Abdurahman, Repair Service Manager Workshop Department Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan, wiper yang harus diganti itu apabila sapuannya sudah tidak rata lagi atau karetnya mulai keras.

"Ketika menyapu air, ada garis dan tidak bersih. Itu yang sudah harus diganti," ucap Iwan kepada KompasOtomotif melalui pesan singkat, Senin (2/10/2017).

Baca juga: Kebiasaan Buruk Bikin "Wiper" Berumur Pendek

Faktor lain, lanjut Iwan jika sudah menimbulkan bunyi juga harus diganti dengan yang baru. Alasannya demi keamanan ketika berkendara dalam kondisi hujan.

"Soalnya kalau menyapu air hujan tidak akan bersih lagi, jadi harus diganti dengan yang baru karetnya," ujar Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com