Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perlukah Mengangkat Wiper Saat Mobil Diparkir?

Kompas.com - 06/02/2018, 09:42 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

Jakarta, KOMPAS.comWiper adalah salah satu perangkat mobil yang paling berguna saat kondisi hujan. Sebab, perangkat ini berfungsi untuk menyapu air hujan di kaca agar tidak mengganggu jarak pandang.

Agar tidak bermasalah saat digunakan, terutama saat musim hujan seperti saat ini, wiper juga harus selalu dirawat. Seperti beberapa perangkat lainnya, wiper juga bisa aus seiring masa pemakaian.

Di tengah masyarakat cukup sering ditemui wiper yang diangkat saat posisi tengah diparkir lama, terutama parkir di area terbuka. Hal itu bertujuan untuk menjaga agar karet wiper tidak terkena panas dari kaca yang terpapar sinar matahari.

Baca juga: Mulai Musim Hujan, Jangan Lupa Cek Kondisi Wiper

Magic Vision Control, wiper cerdas Mercedes-Benz agar semprotan air tak menghalangi pandangan pengemudi.Mercedes-Benz Magic Vision Control, wiper cerdas Mercedes-Benz agar semprotan air tak menghalangi pandangan pengemudi.

Dealer Techical Support Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menilai, wiper sebenarnya sudah dirancang untuk bisa menahan panas dari kaca mobil. Namun, Didi tidak menyalahkan apabila memang ada pemilik mobil yang mengangkat wiper saat memarkir kendaraannya.

"Sebenarnya wiper sudah didesain seperti itu, tetapi memang biasanya diangkat tujuannya supaya karet tidak mengeras," kata Didi kepada Kompas.com, Senin (5/2/2018).

Menurut Didi, diangkat atau tidaknya wiper saat parkir tidak memengaruhi anjuran masa pergantian. Sebab, dari Toyota dianjurkan mengganti wiper setiap enam bulan sekali. Pergantian wiper tidak bergantung jarak tempuh kendaraan.

"Menurut saya, setiap enam bulan sekalilah diganti. Kalau sudah rutin diganti, tidak diangkat saat parkir juga tidak apa-apa," ujar Didi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com