Kompas.com - 27/11/2017, 18:02 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) yang sudah disiapkan PLN Disjaya (Distribusi Jakarta Raya) sudah mencapai 700, bahkan hingga akhir tahun ditambah menjadi 1.000. Penambahan itu dilakukan agar masyarakat semakin mudah, ketika akan mengisi daya kendaraan listrik.

Umumnya, SPLU yang disedaiakn itu untuk pedagang kaki lima, agar mendapatkan saluran listrik resmi. Tetapi, seiring muncul kendaraan listrik, fungsinya menjadi lebih banyak. Menurut General Manager PLN Disjaya Ikhsan Asaad, semua kendaraann listrik bisa melakukan pengisian daya baterai di SPLU itu.

"Sudah kita buktikan, selain motor, mobil listrik juga bisa. Sudah terbukti di mobil listrik BMW beberapa waktu lalu," ucap Ikhsan di kantor pusat PLN Disjaya, Senin (27/11/2017).

Baca juga: PLN Klaim Sudah Punya 500-an SPLU buat Kendaraan Listrik

Ikhsan menjelaskan, 700 SPLU itu sudah tersebar di seluruh wilayah Ibu Kota. Bahkan, ke depan disediakan di kantor, pusat perbelanjaan, hingga tempat makan seperti cafe dan lain sejenisnya.

BMW i8 SPLU PLN BMW i8 SPLU PLN

"Kita sedang usahakan itu, dan sudah mendapatkan izin dari beberapa pengelola gedung atau mal. Jadi, masyarakat yang punya kendaraan listrik, selain bisa mengecas di rumah, di luar juga bisa," ujar Ikhsan.

Jenis SPLU

Sementara itu, SPLU yang ada sekarang ini terbagi menjadi dua tipe, yaitu hook atau terdapat di tiang-tiang milik PLN, dan standing alias menjadi suatu bangunan tersendiri.

SPLU tipe hook terdiri dari 2 kWh Meter dan setiap meter memiliki daya 5.500 VA sedangkan SPLU tipe standing terdiri dari 4 kWh Meter.

Daya dari masing-masing kWh Meter itu diklaim bisa ditingkatkan menjadi 11.000 VA. Kapasitas itu, sangat memungkinkan untuk SPLU menyuplai listrik sebagai charging kendaraan listrik yang memiliki daya bervariasi antara kisaran 500–2.500 Watt.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.