PLN Klaim Sudah Punya 500-an SPLU buat Kendaraan Listrik

Kompas.com - 25/08/2017, 14:03 WIB
stasiun pengisian listrik umum (SPLU) Istimewastasiun pengisian listrik umum (SPLU)
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - PT PLN (Persero) rupanya mengaku sudah membuat 545 stasiun pengisian listrik umum (SPLU) yang tersebar di beberapa lokasi di Jakarta. Langkah ini diklaim menjadi wujud mendukung pemanfaatan energi bersih khususnya kendaraan listrik.

Manajer Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN Distribusi Jakarta Raya Leo Basuki, mengatakan, saat ini pihaknya terus berupaya untuk meluaskan peredaran SPLU guna mempersiapkan kehadiran kendaraan listrik.

Baca : Nekat Beri Insentif Motor Listrik CBU, Bunuh Bangsa Sendiri

"Saya tidak mengerti bila dari sisi regulasi itu kapan dan bagaimana, ini masalah ayam sama telur. Kalau dari kami, PLN sejauh ini lebih ke sebuah intitusi yang mempersiapkan sarana infrastruktrunya dari jauh-jauh hari, bahkan bukan mempersiapkan tapi statusnya sudah tersebar di 545 wilayah dan siap digunakan," kata Leo saat dihubungi KompasOtomotif, Jumat (25/8/2017).

Menurut Leo, untuk wilayah jakarta sampai saat ini SPLU yang tersedia akan terus dikembangkan menyesuaikan konsumsi dari kendaraan listrik. Sedangkan untuk daaerah lain saat ini masih dalam tahap pengembangan.

stasiun pengisian listrik umum (SPLU)Istimewa stasiun pengisian listrik umum (SPLU)

"Karena wilayah kerja Jakarta, jadi saya lebih fokus di sini. Tapi dari informasi beberapa teman daerah-daerah juga sedang dikembangkan tapi mungkin dari sisi jumlah tidak semasif di Jakarta, pelan dan bertahap. Lokasinya di mana saja, saya kurang ingat," ucap Leo.

Leo mengharapakan dengan kesiapan yang sudah dilakukan PLN saat ini, kendaraan listrik lebih cepat datang.

"Ini kan bagus untuk kita semua, dari sisi efisiensi sudah jelas, apalagi bila disangkutkan dengan dampak ke lingkungan. Kami harap kendaraan listrik ini lebih cepat didatangkan," kata Leo

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X