Avanza Seken Tak Dilirik Gara-gara Xpander, Ini Kata Toyota

Kompas.com - 26/11/2017, 12:02 WIB
- --
|
EditorAzwar Ferdian
Jakarta, KompasOtomotif — Toyota Astra Motor menilai, adanya penurunan minat masyarakat terhadap mobil bekas Avanza merupakan hal yang wajar. Namun, hal itu bukan semata-mata karena kehadiran Mitsubishi Xpander.
 
"Banyak faktor yang menyebabkan pasar mobil bekas turun, selain faktor mobil baru, juga turun. Jadi, bukan karena munculnya Xpander," kata Executive General Manager Vehicle Sales Operation Sub Directorate TAM Fransiscus Soerjopranoto saat dihubungi KompasOtomotif, Sabtu (25/11/2017).
 
Menurut Soerjopranoto, low multipurpose vehicle (LMPV) memiliki pangsa pasar yang luas dan beragam, mulai dari yang harganya rendah hingga yang stylish dengan harga yang lebih mahal.
 
Toyota AvanzaTAM Toyota Avanza
Di sisi lain, masyarakat mempertimbangkan sejumlah sejumlah hal ketika akan membeli suatu produk. Pertimbangannya itu menyesuaikan kebutuhan atau berdasarkan keinginannya. Termasuk harga juga menjadi salah satu pertimbangan lainnya.
 
Kehadiran Xpander, menurut Soerjopranoto, memang merupakan hal baru bagi masyarakat. Hal ini sama seperti ketika Honda meluncurkan Mobilio. Masyarakat kemudian bisa memilah-milah dan memilih produk yang dibeli. Oleh karena itu, wajar jika ada penurunan minat pada Avanza.
 
"Ada mempengaruhi pasar Avanza, tapi enggak langsung seluruhnya, seperti Mobilio kemarin," kata Soerjopranoto.
 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.