Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Tergoyahkan, Avanza Masih Kokoh Jadi LMPV Terlaris

Kompas.com - 17/11/2017, 15:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Propaganda industri otomotif dalam negeri yang diarahkan untuk punya karakter MPV memang terbilang sukses. Segmen mobil keluarga tujuh penumpang ini, punya peminat paling besar di dalam negeri, apalagi yang harganya terjangkau atau di low MPV.

Di kelas Avanza, Mobilio, Ertiga dan kawan-kawannya ini punya kontribusi Januari-Oktober 2017 mencapai 23 persen (pembulatan dari 22,94 persen). Sementara untuk MPV secara total termasuk Upper MPV, kontribusinya sampai 31,65 persen.

Sepanjang sepuluh bulan tahun ini, Toyota Avanza masih berdiri kokoh dengan kontribusi sampai 48,26 persen atau sebanyak 99.418 unit, dengan perolehan rata-rata pe bulan 9.942 unit. Penantang baru dari Mitsubishi, Xpander masih sangat jauh dari kata mendekati di mana saat ini pasokan perbulannya di rata-rata 1.724 unit saja.

Baca juga : Parade Diskon MPV Sejuta Umat pada Oktober 2017

Bukan hanya menjadi yang terlaris di LMPV, Avanza juga menduduki posisi teratas merek paling populer secara keseluruhan. Masih sulit diprediksi, sampai kapan kejayaan Avanza ini mulai pudar, pasalnya semua yang mengaku sebagai penantang, semua kandas.

Wholesales LMPV Januari-Oktober 2017 (diolah dari data Gaikindo).Ghulam/KompasOtomotif Wholesales LMPV Januari-Oktober 2017 (diolah dari data Gaikindo).

Posisi kedua terlaris MPV sejuta umat ditempati oleh saudara kembarnya Daihatsu Xenia, dengan pangsa pasar 15,41 persen (31.743 unit). Jika ditotal, merek yang penjualannya berada di bawah naungan Astra ini menguasai lebih dari 50 persen, atau 63,67 persen. Kemudian dari sisi merek, Daihatsu saat ini juga sudah juga dimiliki sepenuhnya oleh Toyota.

Baru kemudian di urutan ketiga ada Honda Mobilio yang menempel tipis Xenia di angka 15,15 persen, atau mengumpulkan wholesales sebanyak 31.211 unit. Sementara diurutan keempat dan kelima ada Ertiga 14,09 persen (29.034 unit) dan APV 1,98 persen (4.086 unit).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com