Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/11/2017, 11:02 WIB
Fachri Fachrudin

Penulis

 

Jakarta, KompasOtomotif - Kemunculan Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero memengaruhi pasar mobil bekas Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Permintaan buat duet Astra itu di pasar mobkas mengalami tren penurunan.

Pengamat pasar mobil bekas sekaligus Manajer Senior WTC Mangga Dua, Herijanto Kosasih menilai, merosotnya minat masyarakat hanya terjadi terhadap Avanza dan Xenia yang diproduksi pada 2014 ke atas. Sebab, harga pasaran mobil tersebut saat ini masih cukup tinggi.

"Dampaknya yang paling terasa adalah pada Avanza dan Xenia tahun muda, karena harga masih tinggi" kata Herijanto saat dihubungi KompasOtomotif, Senin (20/11/2017).

Baca juga : Tak Tergoyahkan, Avanza Masih Kokoh Jadi LMPV Terlaris

Grand New Avanza E 1.3L M/T milik salah satu konsumen, Ruslan Thamrin.Ruslan Thamrin Grand New Avanza E 1.3L M/T milik salah satu konsumen, Ruslan Thamrin.
Herjanto menjelaskan, harga Avanza untuk keluaran 2014 berkisar Rp 150 jutaan. Bagi konsumen baru di kelas Multi Purpose Vehicle (MPV), tentu akan mempertimbangkan produk keluaran Mitsubishi dan Wuling. Sebab, dengan harga sebesar itu mereka bisa mendapatkan mobil baru dengan beragam kelebihan.

Baca juga : Pemilik Xenia Lawas Bisa Naik Level ke Versi ?Custom?

Herijanto menambahkan, sementara untuk Avanza dan Xenia yang diproduksi sebelum 2014 masih banyak peminatnya.

Ia menjelaskan, Avanza dan Xenia yang dikeluarkan tahun 2013 saat ini dibanderol sekitar Rp 130 jutaan dan 120 jutaan. Semakin tua usia mobil, akan semakin murah. "Keluaran tahun 2014 ke bawah peminatnya masih banyak," kata Herjanto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com