Kompas.com - 02/11/2017, 16:03 WIB
EditorAgung Kurniawan

Hamamatsu, KompasOtomotif Suzuki Motor Corporation (SMC) bertekad menjadikan Indonesia sebagai pasar terbesar ketiga di dunia, setelah India dan Jepang. Indonesia bersaing dengan Thailand merebut posisi ketiga terbesar di dunia.

“Kalau menurut pendapat pribadi saya, Indonesia akan unggul dari Thailand. Potensinya di sana jauh lebih besar buat Suzuki, sedangkan di Thailand mayoritas pasarnya pikap,” kata Shatosi Shimizu, GM Indonesia and Thai Automobile Department kepada KompasOtomotif di di Hamamatsu, Jepang (18/10/2017).

Data SMC mencatata, penjualan ritel periode paruh pertama tahun fiskal 2017 (April-September), tercatat 54.542 unit, naik 29 persen dari periode sama tahun sebelumnya, 42.235 unit. Shimizu mengatakan, sepanjang tahun fiskal 2016, penjualan Suzuki di Indonesia berksiar 80.000 unit.

“Tahun ini ditargetkan naik sampai 120.000 unit. Kami optimistis,” ucap Shimizu.

Baca juga : Bernostalgia dengan Tampang Retro Suzuki Jimny

Guna mengejar target penjualan, Shimizu juga berjanji kalau Suzuki bakal memberondong pasar Indonesia dengan model-model baru. Setelah Ignis, Baleno hatchback, Jimny, akhir tahun akan ada model baru lain yang dipasarkan. Ketika ditanya SX4 S-Cross facelift, Shimizu, tidak menampik, tetapi memilih diam.

“Salah satu kelemahan Suzuki di Indonesia itu minim model baru. Ke depan saya berjanji akan memboyong model-model baru,” kata Shimizu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.