Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Diam-diam Siapkan Pesaing Nmax

Kompas.com - 31/10/2017, 08:22 WIB
Mikhael Gewati

Penulis


Sepang, KompasOtomotif - Angka penjualan skutik gambot Yamaha Nmax yang seksi ternyata membuat pabrikan motor lain tergiur. Selain Astra Honda Motor yang lagi menyiapkan versi lokal dari PCX, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga siap mengeluarkan model di segmen sama.

Kepala Penjualan dan Pemasaran Divisi Roda Dua SIS Yohan Yahya, mengatakan, kalau Suzuki akan memperkenalkan skutik gambot saingan Nmax pada 2017.

"Perkiraan tahun depan produk tersebut akan diperkenalkan ke publik" ujar Yohan saat berbincang dengan KompasOtomotif di Sepang, Malaysia usai gelaran MotoGP, Minggu (29/10/2017).

Mengenai bentuk skutik besutan Suzuki ini, Yohan menjelaskan, kalau desainnya akan berbeda dengan Suzuki Burgman. "Kita akan build-up sendiri motor tersebut sehingga modelnya pun pasti berbeda dengan Burgman," kata dia.

Baca juga : Ini Dia Honda PCX Generasi Terbaru, Penantang Serius NMAX

Yohan mengatakan, kalau skutik ini akan punya bodi gambot dan bersaing di segmen premium, sama seperti kompetitor. Soal harga jual, banderolnya tak jauh dari harga Nmax. Saat ini, harga on the road Nmax di Jakarta di banderol mulai dari Rp 25,7 juta-Rp 29,6 juta.

"Ya, harganya tak jauh-jauh dari nominal tersebut. Baguskan harga jualnya," ujar Yohan.

Menurut dia kehadiran matik gambot Suzuki di kelas market tersebut adalah sebuah keharusan yang tak dapat ditawar-tawar lagi. Setiap tahun, pasar skutik segmen ini mencapai 200.000 unit pr tahun. Jumlah ini bakal lebih besar lagi, bisa mencapai 300.000 unit per tahun, ketika Honda mulai memasarkan PCX rakitan lokal di pasar domestik Indonesia.

SIS sendiri sebenarnya sudah punya varian matik premium yaitu Burgman 200 cc. Hanya saja produk itu masih diimpor utuh (CBU) dari Thailand, membuat harganya tinggi, Rp 59,9 juta (on the road Jakarta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com