Kompas.com - 28/10/2017, 12:02 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Debut model konsep mobil listrik IMx di Tokyo Motor Show (TMS) 2017 bukan cuma jadi kesempatan unjuk teknologi tapi juga visi Nissan menghadapi masa depan. Nissan memperkenalkan “Canto” sebagai suara mobil masa depan yang ada di IMx.

Salah satu kendala adaptasi mobil listrik di lingkungan sekarang yaitu tanpa suara. Mobil-mobil listrik terlalu sunyi untuk diketahui keberadaannya, akibat buruk dari itu bisa menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas.

Nissan IMx Nissan IMx

Daniele Schillaci, Executive Vice President Nissan Motor Co., Ltd., untuk Global Marketing dan Sales, Zero-Emission Vehicles dan Battery Busines menjelaskan, salah satu arah Nissan Intelligent Mobility yaitu terintegrasi dengan lingkungan sekitar. Satu komponen utama agar terintegrasi yaitu suara.

Baca: Crossover Nissan Ini Tidak Perlu Pengemudi

Kata Canto diambil dari bahasa latin yang artinya “aku menyanyi”. Canto mengeluarkan jenis suara beragam, menyesuaikan kecepatan mobil.

Suara akan keluar ketika mobil menyentuh kecepatan 20-30 kpj, tergantung kebutuhan di berbagai pasar, namun intinya Canto dirancang untuk keamanan pejalan kaki.

Nissan mengaku telah mengembangkan suara untuk kendaraan sejak 2010 dengan sistem Approaching Vehicle Sound for Pedestrians. Sistem itu menghasilkan suara untuk memperingati pejalan kaki agar memantau posisi kendaraan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.