Bedanya Nissan e-Power dengan Mobil Listrik dan Hibrida - Kompas.com

Bedanya Nissan e-Power dengan Mobil Listrik dan Hibrida

Febri Ardani Saragih
Kompas.com - 25/10/2017, 15:42 WIB
Perbedaan cara kerja sistem mobil listrik, e-Power dari Nissan, dan hibrida konvensional.Nissan Perbedaan cara kerja sistem mobil listrik, e-Power dari Nissan, dan hibrida konvensional.

Jakarta, KompasOtomotif – Nissan Motor Co. Ltd sudah memperkenalkan sistem gerak baru e-Power yang dibenamkan di hatchback Note pada November tahun lalu. Kini Nissan Motor Indonesia (NMI) sedang mencari peluang agar teknologi itu juga bisa dimasyarakatkan di dalam negeri.

Baca: Mau Dijual, tapi Spesifikasi Nissan Note Bikin Bingung

Awalnya spesifikasi Note e-Power bisa bikin bingung. Pasalnya, meski membawa mesin bensin dan motor listrik, cara kerja model seukuran Honda Jazz dan Toyota Yaris ini berbeda dari mobil listrik ataupun hibrida.

Nissan Note e-Power versi pasar Jepang yang diuji coba di Indonesia, Senin (23/10/2017).Febri Ardani/KompasOtomotif Nissan Note e-Power versi pasar Jepang yang diuji coba di Indonesia, Senin (23/10/2017).
Teknologi e-Power dikembangkan dari mobil listrik Nissan yang paling populer, Leaf. Alih-alih konsumen perlu menyetrum baterai hingga terisi penuh seperti pada Leaf, para insinyur Nissan merancang pengisian baterai dilakukan oleh kerja mesin bensin.

Berkat sistem itu, konsumen tidak perlu menunggu lama saat proses pengisian baterai. Selama mesin tetap bekerja, konsumen bisa menggunakan Note e-Power ke manapun. 

Mesin bensin pada Note e-Power, yaitu HR12DE 1.2L, bekerja khusus hanya menyuplai energi listrik untuk baterai via inteverter yang ada di ruang mesin. Lain dari hibrida, mesin itu tidak menggerakan roda dan lain dari mobil listrik, Note e-Power mendapatkan energi bukan hanya dari baterai tetapi juga mesin.

Nissan Note e-Power menggunakan mesin 1.2L dan motor listrik serta inverter.Febri Ardani/KompasOtomotif Nissan Note e-Power menggunakan mesin 1.2L dan motor listrik serta inverter.
Saat presentasi di sela test drive Note e-Power untuk media di Karawang, Jawa Barat, Senin (23/10/2017), Masayuki Ohsugi, General Manager R & D NMI menjelaskan, ada lima keunggulan Note e-Power, yaitu irit bahan bakar karena kerja mesin tidak terpengaruh kecepatan, akselerasi dan respon tinggi khas mobil listrik, serta kekedapan kabin setara sedan Teana. 

PenulisFebri Ardani Saragih
EditorAzwar Ferdian
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM