Crossover Nissan Ini Tidak Perlu Pengemudi - Kompas.com

Crossover Nissan Ini Tidak Perlu Pengemudi

Stanly Ravel
Kompas.com - 26/10/2017, 17:22 WIB
Nissan IMx Nissan IMx

Yokohama, KompasOtomotif – Menunjukkan eksistensi teknologi kendaraan listrik, Nissan meluncurkan mobil konsep IMx di ajang Tokyo Motor Show 2017. Mobil swakemudi (tanpa sopir) bergenre crossover ini mampu berkendara hingga lebih dari 600 kilometer.

IMx menjadi gambaran masa depan Nissan Intelligent Mobility. Kendaraan ini dirancang untuk mempererat hubungan pengemudi dengan sebuah kendaraan, sehingga tercipta pengalaman berkendara yang lebih aman, nyaman, dan menyenangkan.

"Mobil konsep zero-emission crossover IMx ini merupakan wujud masa depan Nissan Intelligent Mobility. Nissan berkomitmen mengubah cara masyarakat dan mobil saling terhubung, serta bagaimana mobil berinteraksi dengan masyarakat dalam waktu dekat dan seterusnya," kata Daniele Schillaci, Executive Vice President Nissan Motor Co., Ltd., untuk Global Marketing dan Sales, Zero-Emission Vehicles dan Battery Business, dalam siaran resminya, Kamis (26/10/2017).

Nissan IMx Tokyo Motor Show 2017 Nissan IMx Tokyo Motor Show 2017

IMx dilengkapi dengan teknologi ProPilot yang menawarkan operasi swakemudi seutuhnya. Saat digunakan, sistem ini mengarahkan kemudi ke dalam dasbor dan menyandarkan semua kursi. Dengan begitu ruang kabin lebih luas yang membuat pengemudi lebih santai.

Baca : Bedanya Nissan e-Power dengan Mobil Listrik dan Hibrida

Konsep zero-emission crossover IMx mengadopsi platform terbaru dari Nissan EV, yang dirancang mencapai efisiensi yang maksimal. Hal ini menjadikan desain lantai kendaraan rata, sehingga menghasilkan kabin yang luas dan dinamika berkendara yang lebih baik.

IMx didukung dengan sepasang motor listrik berkapasitas tinggi pada bagian depan dan belakang, yang menjadikannya sistem pengeraknya all-wheel-drive. Kedua motor tersebut mampu menghasilkan daya gabungan sebesar 320 kW dan torsi 700 Nm.

Nissan IMx Nissan IMx

Nissan merancang IMx dengan tujuan memberikan kemudahan dan pelayanan bagi penggunanya. Contoh, setelah mengantar pemilik ke bandara, IMx dapat memarkir dirinya sendiri di tempat yang dapat terhubung ke jaringan listrik lokal dan bertindak sebagai pembangkit listrik, ini merupakan pengembangan dari fitur vehicle-to-home dan vehicle-to-building.

Desain eksterior memberikan rasa aman dari luar, menghadirkan atribut kendaraan listriknya yang bersih dan sporty dengan menggabungkan fitur desain khas Nissan. Dari grille V motion pada bagian depan yang familiar, garis karakter lentur yang naik dan mengalir ke kap mesin dan ujung belakang.

Nissan IMx Nissan IMx

Baca : Nissan Note e-Power Bisa Teguk Premium

Sementara interior menganut konsep dasar ruang yang bisa ditemukan di rumah tradisional Jepang dengan kesan keterbukaan. Panel instrumen panoramik OLED menampilkan pemandangan lingkungan di luar, instrument panel dirancang dengan detail ornamen bernuansa kayu.

Menariknya, IMx memiliki fitur Artificial Intelligence yang memungkinkan pengemudi mengendalikan panel instrumen dengan gerakan mata dan tangan. Tampilan interface yang intuitif mampu meminimalkan kendali manual dengan beragam tuas dan tombol.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisStanly Ravel
EditorAzwar Ferdian
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM