Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Note e-Power Bisa Teguk Premium

Kompas.com - 24/10/2017, 18:04 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Walaupun menggendong berbagai teknologi canggih, Nissan Note e-Power, bisa mengonsumsi jenis bahan bakar bensin jenis Premium. Hal itu diungkap Anton Khristanto, Manager R&D Nissan Motor Indonesia (NMI), saat sesi test drive Note e-Power di Proving Ground Bridgestone, Senin (24/10/2017).

"Bisa minum premium, sudah disesuaikan dengan Indonesia," ucap Anton. 

Note e-Power menggendong dua sumber tenaga, yaitu mesin pembakaran 1.2L dan motor listrik. Namun berbeda dari sistem kerja hibrida lain, mesin 1.2L tidak menggerakan roda tapi fungsinya hanya mengisi energi listrik baterai via inverter. Energi listrik baterai itu yang digunakan motor listrik untuk menggerakan kedua roda depan.

Nissan Note e-Power versi pasar Jepang yang diuji coba di Indonesia, Senin (23/10/2017).Febri Ardani/KompasOtomotif Nissan Note e-Power versi pasar Jepang yang diuji coba di Indonesia, Senin (23/10/2017).

Anton menjelaskan mesin Note e-Power adalah HR12DE yang juga digunakan pada Nissan March dan Datsun GO/GO+. Meski begitu ada berbagai perubahan menyesuaikan teknologi e-Power yang diilhami dari mobil listrik Nissan Leaf.

Kerja mesin Note e-Power hanya bekerja di kisaran 2.000 rpm – 4.000 rpm. Kerja mesin itu pun diatur secara otomatis, jadi pengemudi tidak bisa memilih hanya berkendara menggunakan mesin saja atau motor listrik saja.

Baca: Ini yang Perlu Diganti Jika Note e-Power Dijual di Indonesia

Anton mengatakan meski bisa menggunakan bahan bakar Premium, pemilik disarankan menggunakan jenis yang lebih baik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com