Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan dari Jepang

Melihat Langsung Generasi Baru Suzuki Jimny di Hamamatsu

Kompas.com - 27/10/2017, 09:02 WIB


Hamamatsu, KompasOtomotif
– Salah satu keinginan terbesar KompasOtmotif ketika diundang Suzuki dalam ajang Tokyo Motor Show 2017, adalah menyaksikan peluncuran generasi terbaru Jimny 2019. Namun, sayang sampai acara peresmian oleh Toshihiro Suzuki, Representative Director and President Suzuki Motor Corporation, Rabu (25/10/2017), sport utility vehicle (SUV) kompak ini tak meluncur pada ajang ini.

Sehari setelahnya, Kamis (26/10/2017), lima jurnalis yang diundang mengunjungi salah satu pabrik Suzuki di Hamamatsu, Shizuoka, Jepang. Tepatnya ke pabrik Sagara, di mana Suzuki memproduksi mobil-mobil kompak, seperti Ignis, Swift, dan kei car Solio.

Pabrik yang terbentang 197 hektar ini dibangun di area perkebunan teh hijau yang terkenal di Hamamatsu. Fasilitas produksi ini terbilang komplet, semua diproduksi secara terintegrasi, mulai dari produksi mesin, komponen, termasuk proses casting, welding, painting, assembling, sampai tes course seluas 4,5 hektar.

Ketika rombongan mau ke area casting, sambil naik bis tanggung, terlihat di sebelah kiri adalah salah satu bagian dari area test course Pabrik Sagara. Sambil memperhatikan satu titik tes, kemudian munculah Jimny 2019 di sana. Prosesnya cukup singkat, hanya lima detik, tetapi KompasOtomotif sudah bisa memastikan dengan mata dan kepala sendiri, kalau produk itu adalah Jimny terbaru.

Baca juga : Suzuki Mau Boyong Jimny Baru ke Indonesia

Proses pengambilan gambar tidak dimungkinkan, karena sejak masuk pintu Pabrik Sagara, pihak Suzuki melarang kamera sampai ponsel pintar digunakan.

Suzuki Jimny 2019.Autoexpress Suzuki Jimny 2019.

Bentuknya sama dengan gambar yang sudah bocor di internet beberapa bulan yang lalu. Jimny 2019 yang tengah di tes, berkelir hitam, sepasang lampu bulat, dua pintu, bodinya boxy, menggendong ban serep dengan penutup bergambar khas siluet badak. Tak lama di belakangnya ada Jimny generasi sekarang yang mengikuti.

Pihak Suzuki masih belum mau bicara soal generasi terbaru Jimny ini. Tetapi bocorannya, peluncuran memang tidak direncanakan terjadi di TMS 2017. Tetapi, akan ada acara khusus yang dilakukan sendiri untuk model legenda Suzuki ini di Jepang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com