Regulasi Tilang Elektronik Terus Dikaji

Kompas.com - 15/10/2017, 11:02 WIB
Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Royke Lumowa Kompas.com/AMBARANIE NADIAKepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Royke Lumowa
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif - Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri) terus mengkaji regulasi tilang elektronik (e-tilang). Hasil uji coba di beberapa kota akan dievaluasi, sehingga menghasilkan kebijakan yang maksimal.

Salah satunya, evaluasi mengenai tilang berbasis Closed Circuit Television (CCTV) di sejumlah kota. Paling utama, cara bagaimana mengirimkan bukti rekaman pelanggaran kepada pemilik kendaraan bermotor.

"Regulasi yang sudah ada akan direvisi dan dipertegas," ucap Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Pol Royke Lumowa seperti dilansir laman NTMCPolri, Minggu (15/10/2017).

Setelah regulasi tersebut dinilai sudah sesuai, maka seluruh wilayah bisa mulai menerapkan tilang elektronik, seperti berdasarkan rekaman kamera pengintai yang sudah dilakukan di beberapa kota, termasuk Surabaya, Jawa Timur.

Baca juga: Siap-siap, Tilang Pakai Bukti CCTV Segera di Jakarta!

"Targetnya sampai ada peraturan Kapolri, tahun depan kami akan koordinasi terkait anggaran negara apakah memungkinkan untuk transisi itu. Jika memungkinakan diterapkan tilang elektronik secara nasional," ujar Royke itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dijelaskan Royke, tilang elektronik merupakan bentuk modernisasi dari kepolisian Indonesia. "Jadi bukan hanya perilaku yang modern, tetapi alatnya juga," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.