Gandeng Dongfeng, Nissan-Renault Incar Pasar Mobil Listrik China

Kompas.com - 30/08/2017, 15:22 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Tokyo, KompasOtomotif – Setelah Toyota mengaku bakal memproduksi mobil listrik pada 2019 di China, rivalnya aliansi Nissan-Renault langsung menggandeng produsen mobil lokal Dongfeng, untuk ikut cari untung di segmen ini.

Mengutip Nikkei, Rabu (20/8/2017) persaingan meningkat di antara rival Amerika dan Eropa yang juga bekerja sama dengan mitra lokal, untuk memenuhi permintaan dan peraturan yang lebih ketat.

Dongfeng akan mengambil 50 persen saham dari usaha baru yang dibuat, New Energy Automotive, sementara Renault dan Nissan Motor menginvestasikan masing-masing 25 persen. Usaha patungan tersebut akan berlokasi di Shiyan, Provinsi Hubei.

Kemitraan ini akan mengembangkan SUV mini listrik untuk pasar China, dengan menggunakan platform aliansi Prancis-Jepang di segmen mobil kompak dan ditujukan untuk pasar India dan negara-negara berkembang lainnya.

Baca juga: Mobil Listrik, Nissan Lebih Siap Dibanding Toyota di Indonesia?

Mobil Listrik Murah

Merek BYD dan produsen mobil China lainnya, telah mempopulerkan model ramah lingkungan di negara ini. Persaingan harga semakin meningkat, terutama untuk kendaraan listrik kompak yang populer di kota-kota besar seperti Beijing dan Shanghai. Model mobil yang ada di pasaran China dijual sekitar setengah harga dari mobil listrik Nissan, Leaf.

Usaha baru ini, bagaimanapun, akan berfokus pada model listrik berbiaya rendah, yang akan dibangun di pabrik Shiyan Dongfeng. Perusahaan berencana untuk memanfaatkan skala ekonomi dengan menggunakan fasilitas yang ada, demi menghasilkan EV (electric vehicle) kompak dengan beberapa merek, termasuk Renault.

Pada bulan Juni, pihak berwenang China mulai membiarkan pembuat mobil asing, membentuk tiga usaha patungan dengan perusahaan lokal, dengan syarat bahwa fokus kerjsama itu hanya untuk produksi kendaraan ramah lingkungan.

Pembuat mobil Amerika dan Eropa bahkan telah terlebih dahulu memanfaatkan kesempatan tersebut. Volkswagen baru-baru ini menandatangani sebuah kesepakatan dengan Anhui Jianghuai Automobile Group, untuk usaha patungan ketiganya di China, dan Ford Motor mengumumkan sebuah usaha dengan Anhui Zotye Automobile, pada bulan ini juga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.