Kompas.com - 30/08/2017, 11:51 WIB
Toyota Indonesia Akademi Stanly/KompasOtomotifToyota Indonesia Akademi
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Karawang, KompasOtomotif - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) merayakan kelulusan kedua dari sekolah Toyota Indonesia Akademi (TIA). Total ada 32 siswa yang lulus dengan predikat Diploma 1 (D1) jurusan Teknik Pemeliharaan Mesin Otomatis untuk tahun akademis 2016-2017.

Seremoni dilakukan di Auditorium Hall TIA Karawan 3, yang ditandai dengan pemberian sertifikasi dan medali penghargaan oleh Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono serta Direktur TIA Amirul Chusni.

Warih yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina Yayasan TIA, mengatakan, keberadaan TIA ditunjukkan untuk dapat mendukung program serta cita-cita pemerintah akan kebutuhan sumber daya manusia yang kompeten dan memiliki keahlian spesifik.

"Saat ini pemerintah gencar melakukan berbagai pengembangan dan investasi di bidang industri, kondisi ini menuntut keberadaan tenaga terampil yang siap terjun ke dunia kerja. Kehadiran TIA dengan konsep pendidikan 70 persen praktik dan 30 persen teori, menghasilkan SDM dengan keahlian spesifik dan teruji guna mendukung program pemerintah dalam menyediakan tenaga terampil dan bersertifikasi," ucap Warih dalam seremoni di Karawang 3, Jawa Barat.

Toyota Indonesia AkademiStanly/KompasOtomotif Toyota Indonesia Akademi

Ke-32 siswa angkatan kedua TIA terdiri dari 27 laki-laki dan lima perempuan yang berasal dari 16 kota di sembilan provinisi. Mereka berhasil masuk setelah bersaing dengan 500 kandidat dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) lain di pelosok Indonesia.

Baca : Toyota Ikut Perkuat Pendidikan Vokasi Industri

Proses pembelajaran yang ditetapkan di TIA ditunjukan untuk memenuhi kesenjangan link and match antara ketersediaan tenaga ahli dan kebutuhan industri, sehingga lulusan TIA diharapkan dapat menjawab tantangan akan peningkatan kualitas tenaga asli bersertifikasi di masing-masing bidang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemampuan lulusan TIA angkatan kedua diakui pemerintah dengan sertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BSNP). Hal tersebut menjadi bukti siswa-siswi TIA memiliki keunggulan kompetensi teknik pemeliharaan mesin otomatis yang teruji, sertifikat tersebut juga menyatakan lulusan TIA siap berkarya di dunia kerja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.