Kompas.com - 16/08/2017, 14:01 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Tangerang, KompasOtomotifMazda Indonesia mulai memikirkan cara untuk mendatangkan CX-8. SUV 7-seater itu cukup menggoda dengan kemampuan akomodasi 7-penumpang, namun masih mampu mempertahankan ”bodi singset”, tak lebih subur dari CX-9.

Penerimaan di beberapa negara yang sangat baik rupanya menggoda PT Eurokars Mazda Indonesia (EMI) sebagai distributor merek Mazda di Indonesia untuk menjadikannya sebagai salah satu line up, secepat mungkin.

”Rencana mungkin akhir tahun depan, atau awal 2019 baru bisa masuk. Secepat mungkin, kalau bisa sebelum itu lebih baik,” kata Roy Arman Arfandy, Presiden Direktur EMI, ditemui di sela Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), belum lama ini.

ilustrasi Interior Mazda CX-8 ilustrasi Interior Mazda CX-8
Roy menyadari, kebutuhan mobil penumpang tujuh penumpang selalu ada di level paling atas dari skala prioritas pengguna mobil di Indonesia. CX-8 dipandang menjadi pilihan yang seksi untuk mengakomodasi keinginan itu.

Roy juga menjelaskan bahwa Indonesia tak bisa seketika meminta lebih cepat, karena memang model ini baru diluncurkan dan diproduksi. Pasar pertama Jepang, karena menggunakan mesin diesel. Sedangkan di Indonesia, sepertinya EMI harus menunggu varian mesin bensin karena sejumlah alasan.

Di antaranya, teknologi diesel CX-8 yang sudah diset memenuhi standar emisi Euro VI. Sementara di Indonesia, jika dipaksakan tipe diesel yang masuk, konsumen akan kesulitaan mendapatkan bahan bakar yang optimal.

”Sebenarnya alokasi untuk Indonesia sudah kami minta, cuma memang tahap produksi yang diesel diprioritaskan dulu. Jadi kita harus menunggu,” ujar Roy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.