Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Livina Bekas, Alternatif MPV "Agak" Mewah

Kompas.com - 05/07/2017, 12:42 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Pergerakan pasar mobil bekas (mobkas) usai Lebaran diklaim masih positif. Meski trennya akan beralih ke kendaraan kecil perkotaan, namun beberapa model MPV kelas bawah tetap bisa menyerap pasar, salah satunya seperti Nissan Grand Livina.

Manajer Pemasaran Senior WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih, menjelaskan Grand Livina merupakan MPV yang berbeda. Di segmen mobkas, Livina berbeda dari jenis low MPV lain, seperti Mobilio, Ertiga, Avanza, dan Xenia.

Baca : Prediksi Harga Mobil Bekas Usai Lebaran

"Banyak orang lihat Livina itu sama pasarnya dengan Avanza atau lainnya, padahal dari sisi kenyamanan lebih baik. Saat ini trennya masih stabil, karena jadi salah satu MPV dengan model yang berbeda, agak lebih tinggi," ucap Herjanto kepada KompasOtomotif, Sabtu (1/7/2017).

Meski demikian, Herjanto tidak manampik bila dari sisi harga bekas, Livina memang cenderung seimbang dengan Avanza atau Mobilio. Namun secara kualitas, di mata pedagang Livina lebih unggul.

"Barangnya bagus, tapi harga 11-12 dengan Mobilio atau Avanza versi atas. Kisarannya untuk 2013 itu sekitar Rp 140-145 jutaan tergantung barang. Sebenarnya Livina masih banyak dicari, karena secara harga tadi tidak jauh beda tapi statusnya lebih nyaman," ujar Herjanto.

Stanly/Otomania Pasar mobil bekas di bulan Rmadhan
Baca : Usai Lebaran, City Car Bekas Mulai Dilirik

Sama dengan Herjanto, Tito sebagai pedagang mobil bekas di kawasan Pasar Minggu juga mengutarakan hal senada. Namun demikian, Tito mengutarakan Livina juga punya images yang kurang bagus dalam layanan purna jual.

"Produknya tidak masalah, model juga tidak pasaran seperti Avanza dan Xenia. Tapi anggapan orang Nissan itu spare part dan servisnya mahal, itu salah satu kenapa harga jualnya jadi miring," kata Tito.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com