Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Harley-Davidson Dipaksa "Balapan Lurus"

Kompas.com - 04/07/2017, 08:42 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Milwaukee, KompasOtomotif - Harley Davidson (HD) siap unjuk gigi dalam ajang balap lintasan lurus atau drag bike NHRA Summer National 2017 di Englishtown, sekitar 35 mil selatan New York, Amerika Serikat (AS). Menggunakan sepeda motor berkubikasi 750 cc dari model Street Rod, rencananya moge ini akan turun di kelas Pro Stock Motorcycles.

Ragam persiapan dilakukan, salah satunya dengan merombak habis tampilan standar dengan kustom Street Head. Dilansir dari Paultan, pembuatan bodi baru ini merupakan hasil kolaborasi Harley Davidson Design Studio dan Vance & Hines Motorsport.

Agar memiliki bobot yang lebih ringgan, bodi baru dibuat dari material serat karbon. Bahkan sebelum melaju di lintasan balap sesungguhnya, moge ini sudah menjalani rangkaian pengetesan, salah satunya seperti pengujian wind-tunnel untuk urusan aerodinamika.

H-D Street Rod Drag Bike

"Streed Rod terbaru ini merupakan motor yang sempurna untuk membawa nama HD dilintasan balap dengan inspirasi tampilan ala hot rod dan mesin yang memiliki performa tinggi," ucap HD Global Brand Direcror, Scott Beck.

Baca : Harley-Davidson "Recall" Model Touring Bikinan 2017

Tidak hanya bodi, sasis pun dirancang ulang agar tercipta posisi yang lebih landai. Untuk porsesnya pengarapannya dikerjakan langsung oleh Harley-Davidson Screamin’ Eagle/Vance & Hines.

"Kami menggunakan CAD dan perangkat digital lainnya untuk mendesain sasi baru dan meminimalkan berat sekaligus memaksimalkan tingkat kekakuannya. Dari hasil pengetesan, motor ini memiliki aerodinamika yang tinggi dengan tampilan bodi yang lebih ramping," ucap Matt Hines, Kepala Harley-Davidson Screamin’ Eagle/Vance & Hines.

H-D Street Rod Drag Bike

Sayangnya Harley masih menutupi data spesifikasi mengenai rombakan sektor mesinnya. Namun bisa dipastikan, bahwa mesin 750 cc tersebut sudah mendapat sentuhan ulang, karena pada balap drag bike, selain aerodinamis dan bobot yang ringan, torsi putaran bahwa serta perfoma ditarikan atas juga menjadi kunci utama untuk melesat secepat-cepatnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com