Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Gandeng SMK di Makassar untuk Program Pendidikan

Kompas.com - 04/03/2017, 10:01 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Honda Prospect Motor (HPM) untuk ke-45 kalinya merangkul Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dalam program Program Pendidikan Dasar bagi Teknisi Honda. Kali ini sekolah yang terpilih adalah SMK Kartika Makassar.

Kerjasama yang HPM dengan sekolah-sekolah kejuruan teknik di Indonesia, sudah berlangsung sejak 2000. Ini bakal jadi jembatan para lulusan SMK yang berkualitas, demi bisa diserap industri otomotif, terutama sebagai teknisi di diler-diler jaringan Honda.

Tomoki Uchida, President Director PT Honda Prospect Motor, mengatakan, program ini sesuai dengan komitmen global Honda untuk dapat berkontribusi bagi masyarakat dimanapun Honda berada.

“Saat ini kami terus berkolaborasi dengan masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia, demi meningkatkan kualitas SDM serta melakukan transfer ilmu, untuk memajukan dunia pendidikan khususnya di industri otomotif sesuai bidang usaha kami,” ujar Uchida dalam siaran resminya, Jumat (3/3/2017).

Sementara itu, Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT HPM menambahkan, bersamaan dengan pertumbukan industri otomotif, kebutuhan tenaga kerja terlatih terus meningkat dari tahun ke tahun.

“Melalui ini, kami harap Indonesia dapat memiliki tenaga kerja siap pakai untuk mendukung industri, sehingga bisa lebih bersaing secara regional maupun global,” tutur Jonfis.

Program Transfer Teknologi Honda ini dilakukan dengan membuka kelas khusus untuk program Pendidikan Dasar Teknisi Honda dengan beberapa tahapan. Lalu juga memberikan bantuan alat peraga yang digunakan dalam proses belajar dan praktek, seperti 1 unit mobil Honda Brio Satya, shop manual, common tools dan special tools, serta informasi teknologi sebagai bahan pelatihan.

Bahkan, HPM memberikan kesempatan kerja kepada para siswa yang termasuk dalam program, di jaringan diler Honda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com