Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata HPM Soal Uji Tabrak Mobilio Buatan India

Kompas.com - 01/10/2016, 08:12 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Honda Mobilio di India baru saja melakukan uji tabrak oleh Global New Car Car Assessment Program (NCAP) di Inggris. Hasil yang didapat mengecewakan, yakni tanpa bintang alias nol untuk perlindungan penumpang dewasa dan hanya satu untuk perlindungan anak.

Terkait hal ini, Honda Prospect Motor (HPM) sebagai agen pemegan merek Honda di Indonesia ikut angkat bicara. Marketing and Aftersales Service Directot HPM Jonfis Fandy, mengatakan bahwa Mobilio yang di uji tabrak oleh NCAP memiliki perbedaan spesifikasi.

"Mobilio buatan India beda dengan Mobilio ASEAN. Strukturnya sama, ada G-Con (G-Force Control) dan advance comptibility engineering (ACE) juga, tapi perlengkapannya berbeda," ucap Jonfis di Jakarta, Kamis (29/9/2016).

Baca:Uji Tabrak Mobilio Versi India Dapat 0 Bintang

Menurutnya pengetesan yang dilakukan NCAP merupakan Mobilio varian terendah tanpa ada airbag, sehingga wajar bila tidak meraih bintang sama sekali. Sedangkan untuk Mobilio di Indonesia semuanya sudah dilengkapi dengan airbag.

Namun begitu, ia mengatakan struktur G-Con dan ACE tetap bekerja dengan baik. Tapi bila ingin mendapatkan lima bintang, maka sistem airbag harus lengkap ditiap sisi.

Baca: Tes Tabrak Mobilio Buruk, Ini Jawaban Honda India

"Kalau dites tapa airbag bintangnya nol wajar saja. Kalau mau dapat bintang lima airbag-nya harus ada empat atau enam, itu kriterianya. Tapi kan bisa dilihat, rangka (shell) Mobilio tetap stabil karena ada G-Con, artinya tetap bisa dijual juga," ucap Jonfis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com