Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Belum Sepakat Pasok Mesin Mobil Perdesaan

Kompas.com - 02/03/2017, 09:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pihak Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin), mengonfirmasi bakal bekerjasama dengan Daihatsu dan Toyota, untuk memasok komponen mesin dan transmisi untuk program mobil perdesaan.

Saat ini, prototype sedang dalam proses pengembangan, dan akan dipublikasikan pada Agustus 2017. Ketika ditanyakan kepada Sudriman Maman Rusdi, Presiden Direktur Astra Daihatsu Motor (ADM), pihaknya belum mengiyakan kerjasama tersebut.

“Belum ada pembicaraan sama sekali. Hanya baru ada kabar bahwa Kementerian Perindustrian sedang membuat prototipenya. Nah kalau sudah selesai protortipenya kami akan diundang untuk melihat, baru pada saat itu kira-kira apa yang bisa dilakukan untuk bekerjasama gitu,” ujar Sudirman, Rabu (1/3/2017).

Sudirman melanjutkan, bukan berarti dirinya menampik akan ada kerjasama antara pihaknya dan Kemenperin. Namun, sampai saat ini belum bisa memberikan informasi lebih mendetail.

“Tidak meyangkal, memang ada penyampaian kepada kami, cuma belum fixed, seperti komponen apa, lalu seperti apa bantuannya. Namun, saat ini belum lihat prototipe seperti apa,” ujar Sudirman.

“Soal urusan spesifikasi mesin dan mobil, itu juga tergantung. Bisa dilihat dari mobil  perdesaan itu untuk apa, apakah hanya untuk transportasi saja, atau ingin multi guna. Apakah mesin mobilnya untuk transportasi, atau bisa juga digunakan untuk penggilingan padi atau pompa air, kan seperti itu. Makanya saya belum bisa berkomentar, ingin lihat dulu,” ucap Sudirman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com