Mau "Touring" Lintas Negara Harus Punya Paspor Kendaraan

Kompas.com - 11/01/2017, 12:19 WIB
EditorAgung Kurniawan


Jakarta, KompasOtomotif —
Bagi sebagian orang, bertualang ke negeri orang mengendarai kendaraan pribadi merupakan pengalaman yang tak bisa dibayar dengan uang. Namun, untuk melakukannya, kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil, wajib punya paspor khusus.

Istilah resminya adalah Carnet de Passages en Douane (CDP). Menurut situs resmi Fédération Internationale de l'Automobile (FIA), CDP adalah dokumen pabean internasional yang memayungi izin penerimaan sementara kendaraan bermotor di negara tertentu atau bahasa mudahnya "paspor kendaraan".

CDP diterima sebagai deklarasi bea cukai yang isinya mengidentifikasikan kendaraan selama impor sementara. CDP juga berlaku sebagai jaminan internasional yang meliputi pembayaran bea masuk dan pajak.

Di Indonesia, CDP dikeluarkan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI). Menurut penjelasan Sekretaris Jenderal IMI Jeffrey JP, CDP diterbitkan kembali oleh IMI pada 2015 dengan izin bea cukai Indonesia.

Penunjukan IMI sebagai penerbit dan penjamin CDP disahkan dalam Keputusan Menteri Keuangan Nomor 533/KM.4/2015.

“Dikeluarkan oleh FIA, waktu era Pak Tommy (Tommy Soeharto, Ketua Umum IMI 1991-1995) dan Pak Bob (Bob RE Nasution, Ketua Umum IMI 1995–2003) juga sudah ada. Kalau dulu itu CDP di bawah Automobile International Tourism (AIT) yang sekarang sudah dilebur ke FIA,” kata Jeffrey kepada Otomania, Senin (9/1/2017).

Sempat vakum, IMI akhirnya memulai lagi kepengurusan CDP di bawah kepemimpinan Nanan Soekarna pada 2011–2015.

“Di era Pak Nanan kemarin, dirangkai kembali untuk perizinannya dan akhirnya berhasil didapatkan lagi dengan kondisi sudah dikoordinasikan dengan pihak bea cukai sebab CDP ini kan seperti paspor kendaraan,” kata Jeffrey.

CDP berlaku untuk satu tahun dan bisa diperpanjang selama halamannya masih cukup. Pada lembaran lintas negara, CDP diberi stempel tanda izin masuk dari perbatasan negara. 

carseurope.ne Carnet de Passages en Douane (CDP) dikeluarkan oleh lembaga di masing-masing negara yang terkordinasi dengan Fédération Internationale de l'Automobile (FIA), Di Indonesia, CDP diterbitkan Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Biaya paspor kendaraan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.