Surga Kompresor AC ”Copotan” BMW dan Mercy

Kompas.com - 06/01/2017, 08:02 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Ketika kompresor AC mobil-mobil Eropa seperti BMW dan Mercedes-Benz rusak dan tak lagi bisa diservis, buat ganti baru sudah pasti menguras kantong. Buat sementara, cari kompresor ”copotan” dari mobil lain yang sejenis, dan itu pun tak semua bengkel AC menyediakan.

Hal ini diakui Yusuf, salah satu pegawai Auto Service Car Sarana Banyumas Motor, spesialis AC di Jl KH Abdulah Syafei, Tebet, Jakarta Selatan. Mencari barang copotan gampang-gampang susah, harus ada bengkel spesialis yang menyediakan stok dalam jumlah banyak

”Itulah kenapa di sini menyediakan banyak stok kompresor copotan, terutama untuk mobil-mobil Eropa yang susah ditemukan. Buat jaga-jaga yang mencari komponen ini. Rata-rata karena alasan lebih murah,” kata Yusuf, (5/1/2017).

Dia pun bercerita, saking langkanya kompresor AC mobil Eropa dengan status copotan, banyak konsumen yang berdatangan dari luar kota. Stok yang ada di bengkelnya pun ”datang dan pergi”.

Kompresor AC copotan itu pun masih dalam kondisi cukup baik, meski Yusuf mengakui ada beberapa yang sudah direkondisi. Itulah kenapa ada garansi satu bulan untuk pemasangan kompresor AC copotan.

”Biaya tergantung jenis kompresornya, rata-rata 1,5-1,8 juta termasuk ongkos pasang. Lumayan, kalau beli baru bisa Rp 4-5 jutaan,” ucap Yusuf.

Tak cuma mobil Eropa, stok kompresor copotan mobil-mobil Jepang, Korea Selatan, dan mobil Eropa yang jangan ditemui macam Land Rover pun tersedia, meski tak sebanyak stok buat BMW dan Mercedes-Benz.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.