Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Karakteristik AC pada Mobil Anda!

Kompas.com - 25/10/2015, 16:01 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Sistem pendingin ruangan (air conditioner/AC) sudah menjadi kelengkapan wajib di setiap mobil pribadi. Iklim Indonesia yang tropis, membuat AC jadi andalan membuat kesejukan di dalam kabin tetap terjaga, apalagi di musim panas seperti saat ini.

Nah, supaya Anda tidak dirugikan dari kinerja AC pada kendaraan, ada baiknya untuk mengenali karakteristik sistem ini. Dengan paham, maka kendaraan maupun AC yang digunakan bisa lebih efektif digunakan dan terpenting justru tidak merugikan pemilik mobil dalam selama masa pemakaian.

Seperti diketahui, meski tugas utama AC adalah menyejukan kabin, tapi untuk meredam panas kadang pengguna mobil justru berlebihan menggunakanya. Kebiasaan buruk ini justru berimbas pada kinerja sistem AC yang lebih berat sampai sehingga bisa berpengaruh pada konsumsi bahan bakar yang lebih boros.

"Tekanan udara panas yang berlebih mengakibatkan kinerja AC menjadi lebih berat dan berdampak pada borosnya freon yang digunakan. Banyak yang tidak sadar dan hanya memanfaatkan AC sesuai fungsinya saja, padahal ada cara lain untuk memaksimalkan agar kabin tetap adem," ujar Bambang, Spesialis AC, di Tebet, Jakarta Selatan (20/10/2015).
 
Menurutnya, bila volume AC tidak terlalu dingin jangan selalu menaikan ketingkat yang lebih tinggi. Mungkin ada beberapa masalah yang membuat AC tidak bekerja maksimal sehingga tekanan udara pada volume sedang tidak terasa dingin.

Hal ini bisa disebabkan beberapa hal, mulai dari penggunaan freon yang kurang berkualitas, sampai kebocoran pada selang AC. Selain itu pengguna mobil juga bisa membuat kondisi kabin lebih nyaman dengan beberapa cara lainnya.

"Tidak harus meyetel AC dengan volume yang besar supaya kabin sejuk. Bisa dengan cara lain, seperti memilih parkir yang teduh juga menutup kaca depan saat terpaksa parkir di tempat terbuka di siang hari," ujar pria yang akrab disapa Botoy ini.

Selain itu ia juga menyarankan bila harus parkir ditempat terbuka pada siang hari, bila memungkinkan dan mobil masih terpantau dengan baik buka sedikit kaca mobil anda sekitar satu ruas jari. Hal ini berfungsi untuk sirkulasi udara, jadi hawa panas tidak terperangkap di dalam kabin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com