Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/08/2016, 17:01 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Tangerang, KompasOtomotif – Duet baru mobil murah Toyota Calya dan Daihatsu Sigra mendapat perhatian khusus pengunjung Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Spot untuk memajang dua mobil ini di ICE, BSD City, Tangerang, tak pernah sepi.

KompasOtomotif menjaring komentar pengunjung tentang pesaing Datsun Go+ Panca itu, Jumat (19/8/2016). Rata-rata terkesan, namun masih meyimpan sejumlah keraguan. Maklum, dengan harga tak lebih dari Rp 150 juta, banyak fitur tersemat yang menaikkan kelasnya.

Edward, salah satu pengunjung dari Kalideres, Jakarta, mengatakan bahwa sepintas cukup meyakinkan, namun tetap harus dicoba dulu untuk memantapkan hati. ”Kaget juga ada airbag dan ABS. Menutup pintu juga gak terasa ringan. Saya sudah daftar tes biar yakin,” kata Edward yang mengincar Calya.

Dari pengamatan KompasOtomotif, ritual wajib yang dilakukan pengunjung adalah mencoba duduk di jok baris ketiga. Inilah sektor yang memang paling bikin penasaran, mengingat platform Calya-Sigra adalah Agya-Alya, namun lebih panjang untuk tambahan penumpang.

Seperti yang dilakukan Wilda, pengunjung yang datang dari Depok, mengaku datang ke GIIAS lantaran ingin menjajal Sigra. Saat menemukan sosoknya di depan mata, pertama kali dirinya melongok jok baris ketiga.

Ya gimana, memang tujuannya agar bisa dipakai mengangkut banyak orang. Saya coba memang agak sempit, tapi jok baris kedua bisa maju, jadi tak terlalu terjepit. Rp 150 juta tapi sudah dapat mobil matik lumayan juga,” ucap Wilda.

Agung Udaya juga menjadi salah satu pengunjung yang terbawa penasaran. Dia pun sudah memutuskan untuk memboyong Sigra tipe X transmisi otomatik, setelah melakukan test drive di area tes.

”Harga yang tak sampai Rp 150 juta sudah dapat MPV 7-seater baru lumayan jugalah. Ternyata setelah dicoba, mobil ini cukup nyaman. Nggak nyangka saya,” kata Agung.

Beda lagi dengan Mirzal yang mengaku langsung memborong lima unit Toyota Calya untuk keperluan rental. Dia mengakui, tak butuh varian tertinggi, yang penting ada AC dan sistem hiburan audio, tramsisi manual.

”Kalau ada yang lebih murah buat apa beli yang mahal. Katanya lebih irit dari Avanza, jadi saya coba dului lima unit buat di-rental,” kata Mirzal.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.