Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komentar Masyarakat tentang Calya-Sigra

Kompas.com - 20/08/2016, 17:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif – Duet baru mobil murah Toyota Calya dan Daihatsu Sigra mendapat perhatian khusus pengunjung Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Spot untuk memajang dua mobil ini di ICE, BSD City, Tangerang, tak pernah sepi.

KompasOtomotif menjaring komentar pengunjung tentang pesaing Datsun Go+ Panca itu, Jumat (19/8/2016). Rata-rata terkesan, namun masih meyimpan sejumlah keraguan. Maklum, dengan harga tak lebih dari Rp 150 juta, banyak fitur tersemat yang menaikkan kelasnya.

Edward, salah satu pengunjung dari Kalideres, Jakarta, mengatakan bahwa sepintas cukup meyakinkan, namun tetap harus dicoba dulu untuk memantapkan hati. ”Kaget juga ada airbag dan ABS. Menutup pintu juga gak terasa ringan. Saya sudah daftar tes biar yakin,” kata Edward yang mengincar Calya.

Dari pengamatan KompasOtomotif, ritual wajib yang dilakukan pengunjung adalah mencoba duduk di jok baris ketiga. Inilah sektor yang memang paling bikin penasaran, mengingat platform Calya-Sigra adalah Agya-Alya, namun lebih panjang untuk tambahan penumpang.

Seperti yang dilakukan Wilda, pengunjung yang datang dari Depok, mengaku datang ke GIIAS lantaran ingin menjajal Sigra. Saat menemukan sosoknya di depan mata, pertama kali dirinya melongok jok baris ketiga.

Ya gimana, memang tujuannya agar bisa dipakai mengangkut banyak orang. Saya coba memang agak sempit, tapi jok baris kedua bisa maju, jadi tak terlalu terjepit. Rp 150 juta tapi sudah dapat mobil matik lumayan juga,” ucap Wilda.

Agung Udaya juga menjadi salah satu pengunjung yang terbawa penasaran. Dia pun sudah memutuskan untuk memboyong Sigra tipe X transmisi otomatik, setelah melakukan test drive di area tes.

”Harga yang tak sampai Rp 150 juta sudah dapat MPV 7-seater baru lumayan jugalah. Ternyata setelah dicoba, mobil ini cukup nyaman. Nggak nyangka saya,” kata Agung.

Beda lagi dengan Mirzal yang mengaku langsung memborong lima unit Toyota Calya untuk keperluan rental. Dia mengakui, tak butuh varian tertinggi, yang penting ada AC dan sistem hiburan audio, tramsisi manual.

”Kalau ada yang lebih murah buat apa beli yang mahal. Katanya lebih irit dari Avanza, jadi saya coba dului lima unit buat di-rental,” kata Mirzal.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com