Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Buktikan Bodi Sigra Bukan ”Kaleng”

Kompas.com - 18/08/2016, 14:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif – Selalu ada keraguan saat mobil murah mulai dijual. Salah satu pertanyaan besar yang kerap menghantui calon pembeli adalah sektor keamanan pada mobil untuk melindungi penumpangnya. Daihatsu punya cara untuk membuktikannya, khusus untuk Sigra.

Di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, Daihatsu memajang Sigra yang sudah ”dikuliti”. Tertera tulisan-tulisan kecil di berbagai bagian potongan bodi yang menjelaskan bahwa Sigra berdiri atas rancang bangun yang tidak sembarangan. Bahkan, faktor keamanan menjadi sangat penting.

Satu persatu lapisan bodi pun diungkap, dibedakan dengan warna-warna yang menunjukkan fungsinya. Warna kuning misalnya, dilabur pada pelindung bodi samping  yang dikatakan siap mengalirkan benturan ke atas dan bawah, sehingga kabin selamat dari benturan.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Airbag ditanam pada dashboard Sigra.
Warna oranye metalik, yang merupakan warna dominan, menunjukkan material baja yang siap menahan benturan untuk dialirkan ke atas, samping, dan bawah, demi melindungi kabin. Warna abu-abu adalah material baja ringan, namun punya kekuatan sama dengan baja solid. Lebih ringan 30 persen membuat Sigra lebih irit bahan bakar.

Rangka bodi samping warna oranye juga disebut menjadi kerangka yang kuat untuk menahan benturan samping. Rangka bagian lantai juga dikuliti, dan dituliskan bahwa besi-besi yang ada di sana sudah didesain sedemikian rupa untuk menahan benturan dari segala arah.

Menariknya, Daihatsu juga menunjukkan posisi kantung udara. Dashboard pun diiris-iris, dan di dalamnya ada kantung udara yang siap mengembang jika ada benturan.

Setir yang dipasang pun berjenis colapsible steering column, yang artinya, bahwa sistem kemudi dapat patah ketika terjadi tabrakan. Setir akan turun menjauh dari penumpang saat patah.

Secara tak langsung, tanpa ditanya, Daihatsu sudah menunjukkan bahwa mobil murah 7-penumpang mereka (yang juga kembaran dengan Toyota Calya) bukan ”mobil kaleng”. Masih kurang percaya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com