Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Nekat Naik Trotoar, Siap-siap Dipenjara

Kompas.com - 01/06/2016, 12:02 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif  - Perilaku pengendara sepeda motor yang ugal-ugalan memang sangat menjengkelkan. Salah satu pelanggaran yang kerap ditemukan yaitu, mengambil hak pejalan kaki, seperti naik ke atas trotoar atau berhenti di atas garis zebra cross.

Baru-baru ini setidaknya ada dua kejadian yang sempat terekspos media, yaitu aksi Daffa Faros Oktoviarto, siswa kelas IV SD Kalibanteng Kidul, Kota Semarang dan perempuan bernama Alfini. Keduanya dengan berani menghadang para pesepeda motor nakal naik trotoar.

Perlu diketahui, perilaku pengendara sepeda motor tersebut, merupakan perilaku yang bertentangan dengan undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pada pasal 106 ayat dua dituliskan, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib mengutamakan keselamatan pejalan kaki dan pesepeda.

Jika mengabaikan aturan tersebut, siap-siap menerima sanksi. Ini ada di pasal 284, di mana setiap pengemudi yang tidak mengutamakan keselamatan pejalan kaki atau pesepeda sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat dua, dipidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000.

Sementara, hak pejalan kaki di jalan sudah dijabarkan dalam pasal 131 ayat satu sampai tiga.

1. Pejalan kaki berhak atas ketersediaan fasilitas pendukung yang berupa trotoar, tempat penyeberangan, dan fasilitas lain.

2. Pejalan kaki berhak mendapatkan prioritas pada saat menyeberang jalan di tempat penyeberangan.

3. Dalam hal belum tersedia fasilitas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), pejalan kaki berhak menyeberang di tempat yang dipilih dengan memperhatikan keselamatan dirinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.