Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsep Retro Yamaha untuk Pemula

Kompas.com - 20/10/2015, 10:30 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Motorcycle

Tokyo, KompasOtomotif – Banyak line up yang akan ditampilkan Yamaha di Tokyo Motor Show 2015 mulai akhir Oktober 2015 ini. Salah satu yang diprediksi mencuri perhatian adalah konsep Yamaha 125 cc, didesain untuk para rider pemula yang ingin mengenyam masa depan tanpa meninggalkan masa lalu.

Konsep itu diberi nama Resonator 125, melakukan debut pada 29 Oktober 2015. Gaya sepeda motor ini mirip Yamaha SR400, tapi disajikan dalam paket yang lebih kecil. Penyuka vintage yang semakin banyak belakangan ini rupanya menginspirasi Yamaha untuk memberikan sajian baru.

Nama ”Resonator” diambil dari asal-usul Yamaha sebagai pembuat alat dan instrumen untuk bermain musik. Atau jika ditengok dari kamus bahasa Indonesia, Resonator adalah alat yang memperlihatkan resonansi suara pada frekuensi tertentu.

Yamaha Panel intrumen digital, mirip tablet.
Entah apa hubungannya dengan sepeda motor ini, yang jelas ”resonansi” yang ditimbulkan Resonator 125 cukup indah. Tangki dan buntut diberi panel kayu yang teksturnya mirip gitar akustik. Beberapa komponen warna emas seeprti tutup tangki, ornamen pada knalpot, bodi, dan lainnya seperti dipakai pada alat musik.

Meski tampangnya retro, ada banyak sentuhan modern. Yamaha masih menyimpan detailnya untuk diumumkan pada peluncuran resmi, namun merek Jepang itu menyatakan bahwa Resonator 125 menggunakan panel instrumen yang inovatif.

Kalau dilihat dari dekat, tampak bagian yang dekat dengan lampu depan terdapat semacam kamera. Lalu panel indikator dipastikan versi digital, seperti ditempel sebuah tablet.

Mesin? Belum ada bocoran. Tapi Yamaha sudah ”fasih” memproduksi mesin kecil, apalagi 125 cc. Jadi dipastikan di sektor ini tidak akan ada yang pincang dan aneh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com